Cara Paling Epektif Bisnis Online dengan Blog

Membuat Blog di blogger itu sebetulnya sangat mudah, semua orang pasti bisa melakukannya termasuk kamu. Akan tetapi cara menghasilkan uang dari blog itu sendiri tidak semua orang bisa melakukannya, karena selain membutuhkan kesabaran, tentunya juga harus memiliki ketelitian, dan kreatifitas. Pada artikel kali ini saya sengaja membuat postingan bagaimana cara paling baik bisnis online dengan blog. Tujuan nya tak lain adalah agar yang tidak tahu menjadi tahu bagaimana mendapatkan penghasilan dari blog itu.

Blog itu sendiri pada dasarnya adalah suatu alat yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi di dunia internet, karena dengan blog kita bisa saling berbagi pengalaman ataupun berbagi cerita melalui blog. Setiap orang mempunyai tujuan masing-masing membuat blog, tentunya dengan gaya tampilan dan konten masing-masing. Sebenarnya sayapun masih tidak yakin dengan blog, "apa bisa dari ngeblog menghasilkan uang ? Ternyata  jawabannya bisa.

google megeluarkan aplikasi yang di sebut google adsense, yaitu sebuah aplikasi periklanan dari google, dengan daftar google adsense melalui blog, kamu bisa menghasilkan uang. Konsep nya cukup sederhana hanya dengan mendaftar saja sebetulnya. Karena Kita di bayar oleh google dengan menayangkan iklan di blog kita. Akan tetapi daftar google adsense tidak semudah dengan apa yang semua orang bayangkan. Persyaratannya pun cukup sulit apalagi jika pemula yang baru bergabung di google adsense. sehingga tidak heran jika sebagian blogger menyerah karena banyak yang di tolak permintaan pendaftaran google adsense nya.

Lalu bagaimana cara paling epektif berbisnis online dengan blog ? berikut ini draplan akan  jabarkan khusus untuk rekan saya para blogger. semoga bisa menjadi inspirasi untuk kalian semua. perhatikan tulisan saya ini sampai selesai agar kalian mengerti bagaimanakah caranya. Oke langsung saja kalian simak yah,, 



Cara paling epektif bisnis online dengan blog :

1. Komisi Dari Affiliate Marketing

Bergabung dengan sebuah program affiliasi adalah merupakan salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog. Perlu dicermati bahwa program affiliasi yang kita ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog yang kita buat. Misalnya blog anda topiknya membahas tentang internet marketing, maka program affiliasi yang anda ikuti harus berhubungan dengan niche tersebut.

Pengalaman saya pribadi ketika membangun blog untuk program affiliasi, saya lebih dulu menentukan produk yang akan saya jual, baru saya membangun blognya. Misalnya ketika akan membangun blog untuk mempromosikan produk dari Amazon.com, saya harus melakukan riset terlebih dahulu. Produk apa yang akan saya promosikan, keywords apa saja yang dapat menjunjung SEO, dan bagaimanakah cara membangun kontennya.

Nah dari situlah Yang wajib kita perhatikan adalah konten didalam blog yang kita bangun harus punya value dan bermanfaat bagi para audiens. Semakin baik konten yang Anda buat, maja kemungkinan besar semakin tinggi pula konversi penjualan dari blog tersebut. Dari program affiliasi Amazon saja, saya bisa mendapatkan ratusan bahkan hingga ribuan dollar. Kalau saya bisa, tentunya Anda juga pasti bisa jika berusaha.


2. Menawarkan Ruang Iklan di Blog

Sebuah blog dengan memiliki trafik tinggi biasanya lebih epektif mendapatkan pengiklan yang potensial. Pengalaman saya, ruang iklan mandiri di blog saya disewa dengan biaya sebesar Rp 500ribu – Rp 1,5 juta untuk tiap spot iklan per bulannya, menurut saya itu lumayan besar.

Yang perlu anda perhatikan adalah produk atau website yang kita iklankan harus betul betul sesuai dengan topik dari website/ blog yang kita bangun. Misalnya topik website Anda membahas tentang peluang usaha atau internet marketing, maka jenis iklan yang dapat Anda terima adalah produk atau website yang berhubungan dengan niche tersebut jangan sampai yang lain. 

Saya sarankan sebaiknya anda TIDAK menerima iklan yang mempromosikan produk atau website yang sama sekali tidak berhubungan dengan niche website kita karena ditakutkan ini akan membingungkan audiens dan biasanya konversinya sangat jelek. Misalkan website Anda memiliki topik tentang internet marketing, lalu Anda memasang iklan dari advertiser yang mempromosikan produk penumbuh tanaman.


3. Memasarkan Jasa atau Produk Anda Sendiri

Yang artinya bahwa Anda punya bisnis yang memang ingin ditawarkan ke audiens Anda. Saya sering menemukan blog yang dibuat dengan cara yang kreatif, di blog tersebut si blogger menulis tentang mengenai kegiatannya sehari-hari, hobinya, dan juga keahliannya pada bidang tertentu. Blog seperti ini sering kita temukan.

Bahkan pemilik blog tersebut menjual produk, hobi, atau jasanya kepada para pembaca blognya. Jadi, selain mendapatkan banyak teman blogger di internet, dia juga mendapat penghasilan dengan cara menjual keahlian atau produknya di blog tersebut. Sangat kreatif.


4. Menulis Artikel Terkait Bisnis/ Website lain

Kegiatan ini biasanya disebut dengan Paid for Review. Begitu banyak perusahaan yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Biasanya perusahaan bersedia membayar cukup mahal untuk sebuah artikel review. Berdasarkan pengalaman saya sendiri, satu artikel review biasanya bisa dibayar sebesar Rp 300ribu sampai Rp 500ribu, tergantung negosiasi kedua pihak.

Namun, tidak mudah mendapatkan Advertiser yang rela membayar untuk artikel review. Saya sendiri kurang mengerti betul pengalaman teman-teman, tapi dari pengalaman saya pribadi pihak Advertiserlah yang sering menghubungi saya ke email dan meminta dibuatkan sebuah artikel yang mengulas tentang bisnis mereka.

Banyak diantara para bloger yang saya kenal sering mendapatkan job menulis artikel review dari IDblognetwork, dan biasanya pihak advertiser tersebut rela membayar mahal untuk sebuah artikel dari publisher mereka.


6. Menjadi Publisher Google Adsense

Salah satu program PPC yang paling terbaik. Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dari Google Adsense, pastinya kita harus punya website/ blog yang memiliki trafik yang cukup besar. Penghasilan publisher didapatkan dari klik valid iklan Adsense yang ada di website/ blog, tapi jangan pernah berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri karena itu sangat dilarang oleh pihak Google Adsense.

Saat ini banyak sekali situs-situs besar, baik lokal maupun internasional yang bergabung menjadi publisher Google Adsense. Beberapa website besar lokal yang bergabung di Google Adsense begitu banyak. Sedangkan beberapa startup yang juga bergabung di Google Adsense juga tak kalah banyaknya.


Terimakasih sudah berkunjung di blog draplan, semoga bermanfaat untuk kalian semua, dan membantu kalian untuk berbisnis online dengan blog. Sampai jumpa di artikel lain berikutnya.


Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Cara Paling Epektif Bisnis Online dengan Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel