Pentingnya Memiliki Domain Untuk Karier Profesional dan Influencer

Berkarir sebagai profesional dan influencer pastinya lekat sekali dengan yang namanya reputasi, kepercayaan dan image. Ketiga hal tersebut menjadi modal utama yang saling terkait satu sama lain. Jika satu bagian saja hilang, maka bukan tidak mungkin karir Anda akan berakhir atau berada dalam ancaman.

Sebenarnya banyak di sekali cara untuk meningkatkan ketiganya, yakni bisa dengan memberikan hasil kerja yang baik, membuat konten-konten yang positif, atau mengdepankan sikap profesional. Namun ternyata, ada satu cara lagi yang kini banyak dilakukan oleh para profesional di dunia, yakni dengan membangun website menggunakan nama domain sendiri, bisa nama personal atau perusahaan.




Meningkatkan Kepercayaan Klien

Memiliki website dengan memakai nama domain sendiri bisa menjadikan reputasi Anda meningkat, tentunya perlu diimbangi juga dengan performa dan sikap profesional. Dengan ketersediaan website resmi tentunya akan membuat si calon klien akan merasa lebih nyaman dan aman untuk melakukan transaksi dengan Anda.

Untuk dapat mengoptimalkan kesan positif, di dalam sebuah website tersebut, Anda dapat menampilkan portofolio project-project yang pernah Anda garap jauh sebelumnya. 

Tampilkan pula informasi-informasi yang relevan tentang biodata diri Anda sendiri, hal tersebut bisa berupa peliputan media, interview media, akun media sosial dan juga riwayat karir anda. Dengan begitu, maka dipastikan calon klien baru Anda akan memiliki kepercayaan yang cukup tinggi untuk menjalin kerjasama dengan anda.



Mudah Diakses

Jika mudah diakses calon klien besar kemungkinan dapat mengakses website anda dari mana saja, kapanpun dan dengan pilihan perangkat yang fleksibel. Dapat diakses dari PC, tablet maupun smartphone lainnya. 

Selain itu dengan keberadaan website akan membantu Anda memaksimalkan waktu dan akan menjangkau lebih banyak pasar. Nantinya Anda akan dapat fokus pada target klien yang lain dalam rentang waktu yang lebih singkat.

Coba anda bayangkan, jika Anda bertemu dengan klien potensial kemudian harus menjelaskan secara rinci semua pengalaman Anda dari awal sampai akhir. Nah tentunya akan menyita waktu dan tenaga cukup banyak lo !.

Namun dengan adanya website yang memakai nama domain Anda sendiri atau nama perusahaan, proses tersebut dapat dipermudah dengan beberapa konten yang tertuang di dalam halaman-halaman website Anda.



Memangkas Budget

Lalu bagaimanakah caranya agar keberadaan domain membuat pengeluaran Anda lebih hemat?

Bagi penjual online, website adalah pengganti toko fisik. Sehingga mereka tidak perlu lagi menyewa toko di pasar atau ruko di tepi jalan untuk memajang barang dagangannya. Tentunya hal Ini akan menghemat puluhan bahkan ratusan juta setiap tahunnya.

Hal yang sama juga nantinya akan Anda rasakan saat memutuskan untuk membangun website dengan nama domain sendiri. Karena dengan adanya website, tentunya Anda tidak harus menyewa kantor atau showroom atau stand bazar untuk memasarkan keahlian dan jasa Anda. Jadi bisa dikatakan lebih hemat.



Meningkatkan Kualitas Layanan Purna Jual

Bisa dikatakan ada banyak brand yang tumbang karena gagal memberikan layanan purna jual yang diharapkan oleh pelanggan. Internet seharusnya menjadi solusi untuk menekan kegagalan ini. Tentu, dengan memanfaatkan teknologi yakni bernama website.

Menggunakan domain nama sendiri ataupun nama perusahaan, kemudian membuka kanal penjualan dari sana lalu menghubungkan diri Anda ke pelanggan secara digital 

tentunya agar memberikan kemudahan kepada mereka untuk memperoleh layanan purna jual yang lebih optimal.

Dengan sistem yang tepat, pelanggan dapat terhubung langsung ke Anda atau tim tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Keterhubungan secara digital tidak hanya menghilangkan batasan fisik saja, namun juga membuat proses layanan menjadi lebih cepat dan nyaman.



Tips Memilih domain untuk Website Anda

Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Salah satu penyebab banyak orang mengunjungi kembali Facebook dan KasKus karena nama domainnya sangat mudah diingat dan melekat di kepala. Dengan begitu Orang tidak harus berusaha ekstra keras untuk mengingatnya.

Anda tidak harus memilih nama domain yang keluar dari konteks, bahkan menggunakan nama sendiri pun tak jadi masalah. Sebisa mungkin nama domain tersebut tidak terlalu panjang sehingga sulit untuk diingat oleh klain.



Baku

Anda tidak dilarang untuk menjadi kreatif dan unik, tapi sebaiknya jangan terlalu lebay misalnya menggunakan kata-kata yang tidak dipahami oleh semua orang. Sebaliknya, gunakanlah kata-kata yang baku dan mudah dipahami dan diingat oleh semua orang.

Hindari juga menggunakan angka, singkatan, karakter atau jenis karakter yang tidak dipahami oleh orang lain.



Periksa Riwayat Domain

Jangan lupa Pastikan pula domain yang Anda daftarkan belum pernah didaftarkan sebelumnya apalagi jika mempunyai catatan sejarah yang kelam, misalnya saja domain yang anda daftarkan bekas judi, situs scam, spam, penipuan, money game dan lain lain konten-konten dewasa.

Untuk menghindarinya, anda bisa gunakan situs Archive.org, kemudian ketikkan nama domain yang ada dalam daftar bidikan Anda. Enter dan lihat hasilnya, apakah ada riwayat negatif yang direkam oleh Archive.org atau tidak.

Jika tidak ditemukan, maka itu bagus untuk Anda. Namun jika terdapat riwayat yang kurang baik, maka sebaiknya hindari dan pilih nama domain yang lain yang lebih bagus.

Pastikan Domain Tidak Melanggar Hak Cipta agar tidak terjadi masalah kedepannya.



Nah itu dia 4 hal penting yang perlu Anda pahami sebelum membeli domain. satu lagi yang patut anda pertimbangkan, yaitu dengan mendapatkan promo domain terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli domain. 

Alasannya? Karena, Dengan promo tentu Anda bisa memperoleh harga terbaik yang artinya akan memangkas budget yang Anda keluarkan.



Jika sudah didaftarkan, Anda bisa masuk ke tahapan berikutnya yaitu membeli paket hosting. Ada banyak sekali penyedia web hosting Indonesia yang bisa Anda pilih. Harga, paket dan juga penawarannyapun berbeda satu sama lain, Anda tentukan sendiri mana yang lebih bagus.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Pentingnya Memiliki Domain Untuk Karier Profesional dan Influencer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel