Beberapa Cara Agar Tidak Jenuh Melakukan Aktifitas Ngeblog

Ngeblog merupakan kegiatan yang paling menyenangkan sebenarnya jika kamu sudah terlanjur cinta dengan kegiatan ini. namun tidak demikian bagi kamu yang belum mengerti atau paham tentang kegiatan ngeblog karena tidak menguasai ilmu tentang tata cara ngeblog yang baik dan benr.

Ngeblog terdiri dari beragam aktivitas, mulai dari menulis, meningkatkan pengunjung, sampai berinteraksi dengan pengunjung. bahakan tak hanya itu saja ternyata ngeblog juga sering digunakan sebagai media promosi maupun bisnis lainnya.

Namun kegiatan atau aktivitas-aktivitas tersebut dalam jangka panjang ternyata dapat menimbulkan rasa jenuh bagi yang melakukannya. termasuk kamu mungkin pernah merasakannya? Jika ya, kamu dapat mencoba beberapa cara berikut ini untuk melawan kejenuhan pada saat ngeblog.


1. Libur mgeblog minimal sehari dalam seminggu

Rasa jenuh pada saat ngeblog biasanya dipicu oleh rutinitas. Untuk mengatasinya, Anda cukup menyiapkan waktu libur minimal sehari dalam seminggu, misalnya Sabtu atau Minggu. Cobalah Saat libur tersebut, kamu lupakan semua hal yang berkaitan dengan rutinitas blog.

Putuskan juga koneksi internet di telepon genggam kamu sehingga ketika ada pemberitahuan email tidak mengganggu liburan kamu. tujuannya adalah agar mental dan pikiran kamu press sehingga kamu dapat ngeblog lagi dengan pemikiran dan suasana yang baik. Seperti misalnya:


  • Anda dapat berkunjung atau berlibur ke tempat wisata yang ada di dalam atau luar kota.
  • Menonton film terbaru di bioskop
  • Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan (mall)



2. Ikut komunitas blogger setempat



Berkumpul atau bergabung dengan komunitas blogger atau marketer di kota Anda dapat juga menghindari rasa jenuh ngeblog. Komunitas semacam itu umumnya memiliki aktivitas tertentu, seperti jalan-jalan bareng, kumpul bareng mingguan, atau mengadakan acara sosial bulanan.

Manfaat lain adalah Anda dapat bercerita bertukar pikiran atau pengalaman dengan teman-teman di komunitas tersebut. Dari tukar pikiran atau pengalaman tersebut, bukan tidak mungkin kamu mendapatkan ide baru atau mengadakan proyek kerjasama bersama.

Jika di tempat kamu tidak ada komunitas blogger, kamu bisa melakukan kegiatan semacam mengajari teman-teman ataupun memberikan pengarahan tentang pengetahuan serputar blogging dan tentunya itu sasngat bermanfaat bagi mererka yang belum mengerti tentang blog.


3. Bacalah buku yang berkaitan dengan topik blog

Cara ini merupakan cara efektif mengatasi kejenuhan ngeblog. kamu dapat melakukannya sejam sebelum tidur malam, setelah makan siang, atau beberapa jam di hari libur kamu, itupun jika kamu malas untuk keluar dari rumah.

Dengan membaca buku tentunya pengetahuan kamu akan bertambah sehingga kamu dapat menerapkannya di blog yang kamu punya. dan perlu di Ingat bahwa belajar tidak harus berhenti setelah tamat sekolah atau kuliah.


4. Lakukan olahraga rutin

Cara lain untuk mengatasi kejenuhan adalah dengan berolahraga secara rutin, misalnya jalan kaki di pagi hari setiap hari, mengikuti program kebugaran tiga kali seminggu, bermain bulu tangkis dua kali seminggu, atau bermain sepak bola di akhir pekan. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan fit karena kalori didaslam tubuh terbakar.

Terkait olahraga, saya rekomendasikan cobalah kamu biasakan diri jalan kaki pagi selama 30 menit setiap hari (sekitar jam 5 pagi). Selain tidak mengeluarkan biaya, jalan pagi juga mudah dilakukan dan udara yang dihirup masih segar.


5. Lakukan eksperimen

Langkah lain untuk mengatasi kejenuhan ngeblog adalah dengan bereksperimen hal-hal baru. Aktivitas ini akan membuat Anda bergairah karena dengan rasa ingin tahu terhadap hasil yang akan diperoleh.


Bentuk eksperimennya dapat bermacam-macam, misalnya:

  • Menggunakan sosial media bila Anda selama ini mengandalkan pengunjung dari mesin pencari
  • Mengubah tampilan blog, misalnya mengganti warna dan ukuran huruf, mengganti letak dan ukuran iklan, dan menggati theme atau template dengan yang responsif
  • Melakukan studi kasus, seperti membuat private blog network untuk mengoptimasi blog, membuat blog baru dengan topik yang tidak kamu kuasai, atau beriklan untuk meningkatkan penghasilan.



6. Buat tantangan untuk diri sendiri

Hal ini juga perlu dilakukan, Membuat tantangan untuk diri sendiri dapat juga dijadikan untuk mengatasi rasa jenuh ngeblog. Tantangan ini umumnya dilakukan selama 30 hari untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik.

Sebagai contoh misalnya, salah satu kebiasaan buruk kamu adalah mengecek penghasilan atau peringkat blog berkali-kali dalam sehari. Untuk menghilangkan kebiasaan tidak produktif ini, buat tantangan selama 30 hari ke depan dengan hanya mengecek penghasilan atau peringkat tersebut sekali seminggu, misalnya hari Minggu sore saja.

Dengan melakukan kegiatan tersebut, kamu memiliki waktu luang yang dapat digunakan untuk tujuan positif, misalnya mencari ide postingan atau meriset topik tulisan yang akan dibuat.


7. Ajaklah teman untuk ngopi bareng

Mengajak teman kamu untuk ngopi barengpun perlu kamu laskukan. Agar efektif, aktivitas ini sebaiknya dilakukan pada hari Rabu siang atau malam.  Karena hari Rabu adalah pertengahan hari kerja saat stamina kamu mulai menurun.

Perlu diingat, sebaiknya jangan kamu ajak teman yang apatis deng


an aktivitas ngeblog kamu. Ini sangat penting juga karena tujuan ngopi bareng kamu tidak lain adalah untuk santai atau tukar pengalaman, bukan untuk berdebat.


8. Batasi waktu online kamu

Dengan membatasi waktu online kamu setidaknya kamu dapat menata ulang waktu online sehingga lebih produktif. Sebagai contoh, jika waktu online kamu adalah ,5 jam pada malam hari dan sebagian besar waktu tersebut dihabiskan untuk hal-hal tidak produktif misalnya kamu melihat pembaharuan status teman Facebook, maka kamu dapat menguranginya menjadi 3 jam. Setelah itu, dan selanjutnya kasmu putuskan koneksi internet lalu tidur.

Selain itu, dalam sebulan terakhir, sebaiknya ksmu coba membiasakan diri untuk tidak bekerja di malam hari. Di malam hari, yang biasanya kamu bercengkerama dengan keluarga, menonton acara hiburan di TV, atau membaca buku. Setelah itu, cobalah tidur sebelum tengah malam agar dapat bangun pagi.


9. Buatlah libur tahunan

Jika libur mingguan tidak cukup, kamu dapat melakukan libur tahunan. Misalnya, libur seminggu saat anak-anak libur sekolah jika Anda sudah berkeluarga atau libur akhir tahun jika kamu belum berkeluarga. Tujuannya, sama seperti libur mingguan yang telah saya jelaskan pada poin diatas.


10. Beri penghargaan diri sendiri

Cara yang terakhir adalah dengan memberi penghargaan terhadap diri sendiri bila target tercapai. Penghargaan ini tentunya bukan berupa piala atau piagam, melainkan berbentuk hal-hal yang menyenangkan bagi kamu sendiri. Sebagai contoh misalnya, setelah kamu menulis dan memublikasikan dua postingan dalam sehari, kamu dapat bersenang-senang dengan membuka aktifitas internet lain seperti Facebook atau menonton video Youtube misalnya.

dari beberapa hal diatas yang telah saya jelaskan, banyak faktor yang membuat kamu jenuh ngeblog. dengan begitu berarti kamu harus mengidentifikasi faktor-faktor tersebut dan secara bertahap menghilangkannya. hal itu tentunya  butuh waktu karena kejenuhan ngeblog secara umum berkaitan dengan kebiasaan diri kita masing-masing.

demikian pembahasan diatas beberapa cara agar tidak jenuh melakukan aktifitas ngeblog. semoga apa yang saya tulis bermanfaat basuat kamu semua, dan dapat menghasilkan sebuah karya blog yang lebih baik lagi. "Sukses selalu !!!


Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel