Cara Sehat internetan Utuk Anak Kecil

Patut kita ketahui bahwa sebenarnya internet bukanlah tempat yang aman bagi kaum anak. dengan begitu Jagalah data privasi anak seperti nama, alamat rumah dan sekolah, untuk meminimalisir resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan terhadap keselamatannya. 

Selain itu belum lagi dengan masalah cyber bullying, dimana banyak kasus bully via internet yang dihawatirkan dapat mengakibatkan korbannya menjadi merasa terhina hingga depresi. Lalu bagaimana supaya anak tetap aman berinternet? Berikut ini saya akan berikan tipsnya.


Awasi Gerak Gerik Anak Saat Sedang Online

Salah satu cara agar anak aman berinternet, mungkin terdengar seolah anda ini sedang memata-matainya. Sebenarnya yang harus anda lakukan cukup dengan mengetahui siapa saja teman online mereka, dengan siapa mereka chatting dan situs apa saja yang mereka kunjungi.


Berkomunikasi Dengan Anak

Sebaiknya lakukan komunikasi dengan anak yang terbuka dan positif. Anda harus bersikap terbuka menanggapi pernyataan dan keingintahuan anak tersebut tentang komputer dan internet. Dengan berkomunikasi yang tepat, tentunya anak mendapat pemahaman yang jelas dan benar tentang bagaimana menggunakan fasilitas internet sehingga dampak negatifnya bisa diminimalisir.


Ingatkan Aturan Yang Diterima Anak Sebelum Memberi Akses

Keamanan diri anak saat beraktifitas di dunia maya harus terus dalam pantauan dan bimbingan orangtua. Untuk itu, agar berinternet sehat alangkah baiknya anda menerapkan beberapa aturan seperti:

  • Hanya diperbolehkan mengakses internet jika ada orangtua atau pengasuh yang mendampingi.
  • Jangan terlalu mudah percaya terhadap orang yang baru dikenal didunia maya.
  • Jangan pernah sekalipun memberikan data pribadi kepada orang asing.
  • Jika mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan di dunia maya Segeralah lapor kepada orang tua.
  • Letakkan Komputer di Ruang Keluarga

Dengan meletakkan komputer di ruangan keluarga tentunya agar lebih terbuka, diharapkan setidaknya agar dapat mencegah anak mengakses situs yang tidak pantas untuknya.


Tentukan Situs-situs Yang Bisa Diakses Anak

Karena tidak semua situs aman untuk dibuka oleh anak. Bahkan layanan Facebook pun sebenarnya hanya boleh diakses oleh anak yang telah berusia 13 tahun ke atas. Sebaiknya coba anda pilihkan situs-situs yang memang khusus untuk anak atau situs yang mengandung muatan edutainment (edukasi dan entertainment).


Ceritakan Tentang Sisi Gelap Dunia Maya

Jika anak anda nampak sangat gemar sekali bermedia sosial dibandingkan aktivitas online lain, maka alangkah baiknya ceritakanlah dengan hati-hati tentang cyber bullying dan berilah alasan mengapa ia wajib bertanggung jawab terhadap isi akun media sosialnya.

Install Parental Software guna untuk Melindungi Anak Dari Konten yang Berbahaya

Karena tidak ada teknologi satupun yang efektif 100% untuk mencegah munculnya konten berbahaya di layar komputer yang digunakan anak anda. Untuk lebih amannya, anda bisa memasang beberapa parental software pada komputer yang biasa dipakai oleh anak anda dalam beraktifitas internet.

Jika saja umur anak anda masih berusia prasekolah, TK dan kelas 1-3 SD,  anda sebaiknya bisa install web browser khusus seperti Kidzui atau Kidoz di layanan play stor tentunya.


Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Cara Sehat internetan Utuk Anak Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel