Beginilah 10 Cara Mudah Mempercepat Charging Android

Mempercepat charging Hp android sebenarnya mudah dilakukan, namun kebanyakan orang tidak maksimal saat ngecas Hp. Penggunaan android yang berlebihan, sebenarnya bukan hanya merugikan kesehatan mata saja. Namun juga dapat menjadikan baterai android anda menjadi cepat habis. Pastinya akan kerepotan jika kehabisan baterai, padahal aktivitas di luar cukup tinggi.

Walaupun sekarang sudah ada powerbank yang bisa membantu, namun menghemat baterai tetap lebih baik untuk dilakukan. Adapula fitur fast charging yang banyak diproduksi oleh berbagai vendor smartphone. Lalu bagaimanakah dengan ponsel keluaran jadul atau lama? Apakah ada cara untuk mempercepat charging android yang bisa dilakukan?

Mempercepat proses charging ternyata bisa kita lakukan dengan mudah Lo!, meskipun gadget yang kita miliki bukan keluaran terbaru dengan fitur fast charging. Beberapa cara ini ternyata diketahui sangat mudah dan mampu membantu kita untuk memaksimalkan fungsi ponsel android.



Inilah 10 Cara Mudah Mempercepat Charging Android 

Pada setiap ponsel memang memiliki daya atau kapasitas baterai yang mungkin berbeda beda. Yang perlu anda ingat adalah semakin sedikit penggunaan ponsel, maka akan semakin hemat baterai yang anda gunakan.


Berikut ini adalah cara mempercepat pengisian baterai hp android, yang bisa anda lakukan dirumah.


1. Hindari Melakukan Charger Ponsel dengan Kondisi 0%

Akan sangat sulit rasanya jika anda mengisi daya ponsel pada saat baterai 0%. Untuk mengangkat charging dari 0% memang agak membutuhkan waktu yang cukup lumayan lama. Nah untuk itu sebaiknya anda melakukan pengisian daya ketika indikator menunjukkan 10 hingga 15 % baterai android pada hp anda.

Proses pengecasan akan lebih cepat dibandingkan pada saat baterai benar-benar kosong. Maka dari itu sebaiknya tidak melakukan pengisian daya dalam kondisi ) 0% karena benar-benar akan memperlambat proses pengisian daya dan memperpendek usia baterai ponsel yang anda miliki.



2. Gunakan Charger Ori

Bukan hal yang aneh lagi jika sekarang ini banyak yang menjual charger ponsel dengan berbagai jenis merk. Ada yang asli ada pula yang palsu. Charger palsu memanglah bisa dipergunakan untuk mengisi baterai. Namun sangat disayangkan jika menggunakan charger palsu karena bisa merusak baterai itu sendiri.

Hampir setiap vendor smartphone bisa dibilang mungkin sudah menghitung seberapa besar tegangan dan juga aliran arus yang pas untuk perangkatnya. Maka dari itu sebaiknya selalu gunakanlah charger original ketika melakukan pengisian ulang baterai pada ponselmu. Bukan sekedar menjadi lebih cepat tetapi penggunaan charger original ini tentunya akan membuat baterai lebih awet digunakan.



3. Mengaktifkan Airplane Mode

Mengaktifkan airplane mode perlu dilakukan karena Fitur ini memiliki fungsi untuk mematikan data sekaligus kartu sim yang ada pada ponsel. Namun kondisi ponsel harus dalam keadaan menyala atau sedang aktif. Jika mengaktifkan airplane mode maka semua jaringan akan terputus. Cara mempercepat charging android ini cukup mudah dilakukan oleh siapapun. 

Hal demikian juga bisa membantu mempercepat pengisian ulang baterai karena konsumsi baterai memang tidak terlalu banyak digunakan ketika berbagai macam koneksi sudah terputus. Coba saja beberapa menit dan lihat hasilnya pastinya pengisian baterai akan lebih cepat.



4. Menggunakan Aplikasi Pendukung

Agar dapat mempercepat proses pengisian daya, tidak ada salahnya jika anda menggunakan aplikasi pendukung seperti fast charging. Nantinya dengan menggunakan  aplikasi ini bisa membuat pengisian menjadi lebih cepat sekitar 20 hingga 40 persen.

Besar kecilnya daya tentu tergantung pada ponsel atau android yang kamu gunakan. Carilah aplikasi yang dianjurkan dan sudah mendapatkan ulasan baik di google playstore.


5. Nonaktifkan Ponsel

Bukan hal yang aneh bahwa menonaktifkan ponsel ketika sedang dicharge akan membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat. Ketika akan mengisi daya, sebaiknya anda mematikan ponsel atau android terlebih dahulu. Langkah ini ternyata mampu mempercepat proses dan memperpanjang usia baterai dari ponsel Anda.

Metode ini mirip dengan menggunakan airplane mode tadi. salah satunya adalah dengan mematikan ponsel. Caranya juga mungkin akan jauh lebih efektif dan tentu menjamin pengisian daya menjadi lebih cepat.  Dikarenakan android tidak akan mengeluarkan daya sama sekali ketika dicharge dalam kondisi mati.


6. Charge dengan Tegangan Stabil

Kebanyakan orang yang dalam kondisi terdesak akan mengisi daya baterai android melalui sambungan laptop atau komputer. Cara ini memang akan membantu mengisi daya. Tetapi yang terjadi akan mengakibatkan lamanya waktu yang dibutuhkan serta memperpendek usia baterai.

Lakukan pengisian daya pada tegangan listrik yang stabil. Bukan pada laptop maupun komputer yang menggunakan kabel data. Fungsi dari kabel data sebenarnya hanya untuk memindahkan file dari ponsel ke perangkat laptop saja bukan untuk melakukan pengisian daya baterai. 



7. Hindari Tempat Panas

Tempat untuk menyimpan ponsel yang baik adalah di tempat yang kering dan jauh dari medan magnet. Usahakan agar tidak terlalu mendekat tempat panas ketika melakukan pengisian daya. Sebab, jika ponsel dengan suhu panas akan membuat energi dalam baterai memuai. Bahkan ketika ponsel mati. Pastikan bahwa anda meletakkannya di tempat yang kering dan terhindar dari suhu panas.



8. Log out Semua Aplikasi

Mungkin beberapa aplikasi sering kali memudahkan kita untuk tidak perlu menutup akun. Misalnya seperti facebook, instagram ataupun sosial media yang lainnya. Jika kebiasaanmu adalah tidak melog out akun tersebut, jangan heran apabila baterai cepat habis.

Untuk mempercepat charging android dengan mudah yaitu cukup dengan memutus sambungan internet seperti facebook dan lain sebagainya. Karena jika tetap terhubung, android akan bekerja untuk mengirimkan notifikasi yang baru dari akunmu. Sebaiknya Log out terlebih dahulu sebelum melakukan pengisian daya baterai agar lebih cepat.



9. Kontrol Penggunaan

Masih banyak orang yang menggunakan android saat sedang mengisi daya. Padahal, cara ini justru akan merusak baterai dan memperlambat pengisian baterai. Jangan lupa bahwa baterai memiliki kemampuan yang tidak bisa terus diforsir.

Perlu anda ketahui bahwa android yang anda miliki memiliki kapastias yang berbeda sama lainnya. Jika memiliki kapasitas besar mungkin akan menguntungkan karena penggunaan akan lebih lama. Namun tetap tidak disarankan untuk menggunakan ponsel saat melakukan pengisian baterai. Sebaiknya matikan atau putus sambungan internet terlebih dahulu hingga persentase pengisian daya mencukupi. 


10. Hindari Wireless Charging

Akan lebih baik jika kamu menggunakan kabel untuk melakukan pengisian daya. Apabila anda memilih wireless charging maka tentu akan lebih lambat. Mengisi daya tanpa kabel mungkin akan terdengar tidak merepotkan namun akan lebih lambat. 


Beberapa cara diatas bisa anda coba untuk membuat baterai tahan lama. Apalagi jika android yang anda miliki tidak disertai dengan fitur fast charging. Tak perlu khawatir. Semoga dengan 10 cara mudah mempercepat charging android ini akan membantumu. Selamat mencoba

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Beginilah 10 Cara Mudah Mempercepat Charging Android "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel