Cara Menentukan Pilihan Layanan Pinjaman Online Agar Bermanfaat

Dijaman sekarang kekurangan dana untuk mencukupi biaya kebutuhan bisa teratasi dengan mudah karena adanya layanan pemberian Lending online maupun offline. saat ini masyaraskat tentu sudah banyak yang melek teknologi dan menyukai hal yang sifatnya praktis. oleh sebab itu maka tak mengherankan jika layanan pinjaman online kian digemari semua kalangan.

Seperti pada Layanan P2P Lending tentunya memiliki nilai lebih dibandingkan versi konvensionalnya di beberapa sisi. Beberapa diantaranya yaitu waktu pencairan dana yang lebih cepat, syarat dan prosedur yang begitu mudah, banyak penawaran menarik bagi pelanggan, serta pengajuannya bisa dilakukan setiap saat kapanpun dibutuhkan.

Nah, hal inilah yang membuat penyedia P2P Lending juga menyediakan layanan cicilan tanpa kartu kredit supaya bisa langsung dapat digunakan untuk membeli barang-barang di berbagai merchant seperti misal dengan cicilan kartu kredit di bank BCA dan Bank Mandiri ataupun yang lainnya.

Untuk itu, agar dana pinjaman bisa didapatkan dengan mudah sekaligus menjaga agar finansial tetap aman dan terkendali, sebaiknya anda baca dulu inilah tips cara menentukan pilihan layanan pinjaman online.




Cara Menentukan Pilihan Layanan Pinjaman Online

1. Kenali Dahulu Tujuan Mengajukan Pinjaman


Sebelum anda mulai mengajukan pinjaman, pikirkan kembali mengenai alasan kenapa melakukan hal tersebut. Jika itu dikarenakan anda terdapat kebutuhan penting dan tidak ada dana yang cukup untuk menutup biayanya, maka sah-sah saja sih anda untuk langsung membuat pengajuan pinjaman.

Namun, jika itu untuk hal yang sifatnya tidak terlalu penting dan mendesak seperti untuk berbelanja, akan lebih baik jika mengurungkan niatan untuk mengajukan pinjaman. Alasannya, rencana pengajuan pinjaman yang demikian tidak didasari kebutuhan, tapi keinginan atau kepuasan belaka.

Jika anda berutang hanya untuk kebutuhan konsumtif saja yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan, kondisi finansial pun yang ada  bisa menjadi tidak sehat karena banyak dana yang dikeluarkan untuk membayar cicilan tersebut saja. Padahal, jika saja anda tidak memiliki utang, maka sebagian dari pemasukan pun bisa anda manfaatkan sebagai dana simpanan yang pastinya berguna di masa yang akan datang.


2. Matangkan Niat Anda

Pertimbangkan terlebih dahulu niat anda apakah ada cara lain untuk menyelesaikan masalah finansial tanpa harus berutang. Ketika waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah keuangan yang tengah dihadapi masih bisa dikatakan cukup panjang, maka dengan mencari dana tambahan serta menjalani pekerjaan sampingan tentunya bisa menjadi solusi yang lebih baik untuk anda lakukan.

Namun, jika waktu yang dimiliki tidak lama, maka dengan mengajukan pinjaman memang solusi yang paling tepat anda lakukan. Jika anda memilih untuk membuat pengajuan pinjaman online, pastikan anda untuk memilih provider beserta penawaran terbaik, agar bisa mendapatkan pinjaman yang paling ringan yang tidak membebankan anda.


3. Pilih Provider Layanan yang Terpercaya Legal dan Aman

Setelah anda yakin untuk meneruskan pengajuan pinjaman online, pastikan bahwa provider yang dipilih sudah terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau AFPI. dimana nama penyedia layanan yang telah terbukti aman bisa dicek di laman resminya.

Pastikan anda tidak salah pilih karena Jika anda salah memilih provider, bukannya terbantu, keuangan pun malah bisa menjadi berantakan karena penyedia layanan tersebut bisa membebankan debiturnya dengan bunga yang terlalu tinggi, atau penambahan biaya yang tidak jelas rinciannya. dan Parahnya lagi, jika memprotes mengenai nominal cicilan yang amat besar, debit collector pun bisa dikerahkan untuk memaksa agar pihak debitur mau membayar cicilan yang tak wajar tersebut.

Dengan begitu, untuk menghindari hal yang demikian, pastikan terlebih dahulu untuk mengecek legalitas dan keamanan dari provider yang akan dipilih. Dengan demikian, risiko terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan pun bisa diminimalisir.


4. Pahami Beban Bunga, Lama Cicilan, Serta Biaya Tambahan Lainnya

Informasi mengenai besaran bunga, tenor, serta biaya tambahan lainnya perlu untuk diketahui sebelum mulai membuat pengajuan pinjaman online legalitas juga patut anda pertanyakan

Selain menanyakan pada pihak customer service, upaya tersebut juga bisa dilakukan dengan membuka langsung fitur simulasi pinjaman yang umumnya disediakan pihak provider layanan di laman resmi maupun aplikasi tersebut

Selain itu juga biaya tambahan mungkin diperlukan dalam pinjaman online, seperti biaya administrasi. dikarenakan penyedia layanan yang terpercaya selalu mengikuti peraturan yang telah ditentukan negara, maka biaya-biaya tambahan tersebutpun pasti disampaikan secara jelas dan transparan.

Nah, karena informasi tersebut sangat penting ketika mengajukan pinjaman online, maka pahami dengan baik dan jangan ragu untuk bertanya atau menghubungi layanan nasabah jika terdapat hal-hal yang kurang anda pahami.


5. Ketahui Kemampuan Finansial Anda

Jika anda sudah mengetahui betul mengenai besaran bunga, tenor, serta tambahan biaya yang mungkin dikenakan pada pengajuan tersebut, selanjutnya anda tinjau kembali mengenai kondisi finansial, guna mengetahui apakah anda memiliki kemampuan untuk membayar cicilan tersebut atau tidak.

Sebenarnya tidak jauh beda pinjaman konvensional di bank BCA atau Bank Mandiri, nominal dan lama cicilanpun cukup  bervariasi, sehingga bisa dipilih yang paling sesuai dengan kemampuan finansial anda. secara normalnya cicilan yang sehat tidak melebihi 30% dari total pemasukan.


Dengan ulasan diatas intinya supaya kita paham dan mengerti agar pinjaman online benar-benar memberikan bantuan finansial dan bukan untuk mempersulit yaitu dengan memastikan bahwa pinjaman tersebut tidak digunakan untuk hal-hal yang terlalu penting, serta memiliki tanggung jawab untuk melakukan upaya pelunasannya.

Jadi, selama pinjaman online tersebut sebaiknya anda manfaatkan dengan baik, agar masalah finansial bisa teratasi tanpa menimbulkan masalah yang baru.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel