Cara Menentukan Harga Jual Produk Dengan Tepat Agar Hasil Maksimal

Dengan banyaknya pengusaha yang masih kebingungan dalam menentukan besaran harga suatu barang yang akan di jualnya dengan tepat, mengingat bahwa harga jual sangatlah menentukan tingkat penjualan dan tingkat keuntungan bagi penjualnya.

Jika saja menentukan harga jual yang terlalu tinggi, yang ditakutkan nantinya pelanggan akan enggan membeli produk tersebut. Namun sebaliknya jika harga produk terlalu rendah, maka laba yang dihasilkan pun akan rendah alias rugi. Dengan begitu maka Melakukan kalkulasi dengan cermat harus anda lakukan sebelum menetapkan harga jual produk tersebut.

Perlu anda diketahui, Bahwa harga jual suatu produk adalah masalah yang sensitif terkait dengan berjalannya usaha anda. Dengan begitu Jika saja anda tidak menghitung dengan cermat bukan tidak mungkin akan meningkatkan resiko kerugian yang tinggi. Dan inilah beberapa cara menentukan harga jual suatu produk dengan tepat yang harus diperhatikan agar hasil maksimal, yaitu:





1. Konsumen

Konsumen atau lebih jelasnya pelanggan, pelanggan adalah prioritas utama dalam berjalannya usaha anda. Maska dari itu pastikan harga yang anda patok dapat diterima oleh konsumen tersebut. Karena Tidak bisa dipungkiri bahwa harga menentukan kualitas. Yang artinya, harga menentukan kualitas produk/jasa yang anda tawarkan pada pelanggan. Jika saja anda mengabaikan faktor tersebut, bukan tidak mungkin produk anda bisa saja tidak akan laku di pasaran.


2. Kompetitor

Lakukan peninjauan harga jual yang ditawarkan oleh kompetitor untuk produk yang sama. Sebaiknya Harga jual produk anda harus mampu bersaing dengan produk pesaing anda. Yang perlu anda perhatikan disini adalah tingkat keuntungannya. Jika tingkat keuntungan yang ditetapkan mengakibatkan harga menjadi mahal, sebaiknya anda lakukan  penurunan tingkat keuntungan.


3. Biaya

Hal inipun perlu anda perhatikan karena biaya adalah faktor utama yang menentukan harga jual sebuah produk. Jangan sampai terjadi harga jual yang sudah ditetapkan tidak bisa menutup biaya yang sudah dikeluarkan. Disinilah diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam menghitung biaya sangatlah dibutuhkan.

Jika saja ada biaya yang terlewatkan tidak terhitung maka akan mengakibatkan harga yang tidak tepat dan akan mempengaruhi tingkat keuntungan anda. Yang terburuk akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar.


4. Manfaat

Maksud dari manfaat yang tertulis disini adalah apakah harga yang telah ditetapkan sudah sesuai dengan value yang ada dalam produk tersebut atau belum. Harus anda ketahui bahwa Harga tentunya akan dianggap pantas jika produk dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan oleh konsumen.

Sebagai contoh misalnya untuk menentukan harga jual yang tepat
Misalnya anda memiliki usaha mie ayam dan menginginkan keuntungan atau laba sebesar 30%, dengan target penjualan 100 porsi perhari, maka berikut contoh rincian biayanya untuk menentukan harga jual tersebut:


Setelah anda menemukan harga jual yang tepat berdasarkan perhitungan biaya produksi yang dikeluarkan dan keuntungan yang diinginkan, pertimbangkan pula apakah pelanggan akan merasa terbebani atau tidak, serta berapa harga yang ditawarkan oleh kompetitor. Jika nilai harga jual produk anda terlalu tinggi, anda bisa menurunkannya dengan tingkat keuntungan yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Yang tidak boleh anda lupakan adalah bahwa jumlah jumlah porsi yang menjadi target per hari (100 porsi), ada kemungkinan tidak akan laku terjual semuanya. Untuk itu anda juga harus memiliki target pencapaian minumum produk yang harus terjual. Sedikitnya anda harus bisa menjual misalnya 74 porsi untuk menghindari kerugian (850.000: 11.500 = 74).

Jika saja anda mampu menjual lebih dari target yang telah ditentukan, maka anda sudah mendapatkan keuntungan yang cukup lumayan dari usaha yang anda jalankan tersebut.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel