5 Hal Yang Dapat Memberikan Ide Menulis

Ini dia 5 hal yang dapat memberikan ide menulis. Menulis, meski terkesan sederhana tapi bisa menjadi kegiatan yang sangat menyita pikiran. Seringkali yang membuat menulis terasa sulit adalah saat menentukan ide untuk dijadikan bahan tulisan. Baik penulis pemula maupun profesional, pasti pernah merasakan kebuntuan ide saat menulis. Terutama bagi penulis pemula, seringkali muncul kebingungan harus mencari ide dulu atau langsung mulai menulis saja.

Meski ide terkadang bisa datang begitu saja, tapi tidak ada salahnya jika kita mencoba menggali ide untuk datang. Menjadi 'barang mahal' saat berkeinginan untuk menulis, nyatanya ide bisa saja datang dari hal-hal sederhana yang tidak kita duga sebelumnya. Berikut ini beberapa hal yang dapat mendatangkan ide untuk menulis.

1. Pengalaman Hidup 

Kalau ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik itu memang ada benarnya. Pengalaman dalam hidup akan mampu memberikan pembelajaran bagi diri untuk semakin mendewasa. Di samping itu, pengalaman hidup pun juga bisa menjadi bahan untuk ide menulis. Baik pengalaman pribadi maupun dari orang lain, keduanya sama-sama memberi cerita tersendiri.

Apa yang kita dapatkan sepanjang hidup bisa kita tulis, entah itu sebagai memorabilia atau untuk membagikan cerita hidup pada orang lain. Sentuhan cerita nyata yang membingkai ide tersebut akan menciptakan daya tarik tersendiri bagi tulisan yang dibuat.

2. Referensi dari luar

Referensi dari luar bisa menciptakan peluang bagi datangnya ide yang tanpa henti. Sebagai contoh, ide tulisan dapat datang dari aktivitas membaca yang sering kita lakukan. Entah itu membaca buku, koran, atau mungkin artikel yang sudah ada, pada akhirnya akan dapat memberi kita inspirasi untuk menulis.

Tentunya tulisan yang kita buat nanti harus berasal dari sudut pandang kita sendiri dan bebas dari plagiarisme. Sekalipun membawa tema yang hampir sama, dengan membawa sudut pandang kita sendiri maka tulisan yang baru akan memiliki 'rasa' yang berbeda.

3. Imajinasi Dalam Diri

Membiarkan diri bermain dalam khayalan sebenarnya tidak selalu buruk. Ada sisi positif yang tetap dapat diambil dengan melatih imajinasi kita. Salah satunya berimajinasi untuk dijadikan ide menulis. Tak jarang penulis, terutama fiksi, membawa hasil dari imajinasinya untuk dijadikan tulisan.

Mereka bahkan mampu membawa pembacanya untuk larut ke dalam cerita yang sengaja mereka ciptakan sendiri. Memang semua itu butuh kemampuan yang mumpuni, tapi dengan memulai saat ini maka kita pun juga dapat melatih kemampuan menulis lewat imajinasi.

4. Mimpi

Mimpi yang sering disebut sebagai bunga tidur ternyata juga bisa menjadi bahan tulisan kita. Saat berada dalam situasi tertentu dalam mimpi, kita seperti mengalami hal nyata secara langsung. Biasanya cerita mimpi bisa dijadikan tulisan fiksi, baik itu cerpen ataupun puisi.

Mungkin bagi beberapa orang, mimpi seperti hal yang berlalu begitu saja tanpa arti. Namun sebenarnya ada hal-hal yang di luar kendali kita yang juga dapat kita manfaatkan untuk menjadi tulisan.

5. Memaksa ide datang

Meski terkesan sembrono, tapi dengan mengondisikan diri berada dalam suasana menulis dapat menjadi trik untuk memaksa ide datang. Terkadang kita hanya butuh diberi stimulus untuk menciptakan sendiri ide itu. Tidak perlu hal-hal ribet, kita bisa memulai dengan mendekatkan diri dengan 'alat perang' kita untuk menulis. Bisa dengan smartphone, laptop, komputer, atau bahkan buku catatan sederhana juga cukup.

Paksa dirimu untuk mulai menulis kata satu per satu hingga menjadi bait atau paragraf. Tanpa kita sadari, sebuah tulisan tiba-tiba saja sudah utuh tercipta.

Menulis tidaklah selalu tentang membuat cerita atau berita besar. Bisa saja menulis dimulai dari hal sederhana yang dekat dengan kita. Besar atau tidak, bukan kewajiban kita untuk menilai. Cukup menulis dan bagikan apa yang ada dalam hati dan pikiranmu.

Demikianlah 5 hal yang dapat memberikan ide menulis, semoga artikel yang saya bagikan bermanfaat buat anda semua.


Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel