Keuntungan Yang Dimiliki Bagi Pelaku Bisnis Dropship

Berbicara bisnis dropship mungkin diantara kalian ada yang belum mengerti apa itu bisnis dropship, Dropship adalah bisnis yang tidak mengharuskan pelakunya untuk mempunyai stok produk karena stok produk tersebut sudah dijamin oleh supplier langsung. Dropshipper yang bersangkutan hanya perlu memasarkannya saja.

Keuntungan menjalankan bisnis dropship  begitu menggiurkan. Makanya kini banyak orang yang mencoba menjalankannya. Apalagi hal ini kemudian didukung dengan fenomena belanja online lewat online shop atau yang lainnya, dimana ada banyak sekali orang yang lebih suka berbelanja di dunia maya dibandingkan dengan mendatangi toko fisik. Anda juga bisa mencoba bisnis dropship ini jika ingin menjalankan sebuah usaha di dunia maya.

Dan seperti yang telah disinggung di awal bisnis ini mempunyai sejumlah keuntungan yang diantaranya ialah sebagai berikut.


Keuntungan Yang Dimiliki Bagi Pelaku Bisnis Dropship

• Lebih Paham dengan Teknik Pemasaran Produk
Keuntungan bisnis dropship yang pertama ialah Anda akan menjadi lebih paham dengan yang namanya teknik pemasaran produk. Pasalnya, agar mendapatkan keuntungan secara finansial, Anda pasti akan berusaha mencari cara agar banyak orang yang tertarik untuk membeli produk yang dijual.

Dan karena ada keinginan untuk mendapatkan uang dari bisnis dropship tersebut, maka secara tidak langsung, Anda pun akan merasa dituntut agar lebih pintar lagi dalam memasarkan poduk.

Memang keuntungan yang satu ini tidak akan langsung terasa, namun jika dilakukan dengan tekun sembari terus mempelajari strategi pemasaran produk yang efektif, lama kelamaan pemahaman mengenai teknik pemasaran produk Anda juga akan bertambah.

• Bisa Berkomunikasi dengan Lebih Baik
Menjadi pebisnis dropship bukan hanya tentang bagaimana menjual produk sebanyak-banyaknya agar mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tetapi, dengan menjadi pebisnis dropsip otomatis Anda juga harus belajar cara berkomunikasi dengan baik. Ini juga salah satu hal penting yang jika tidak diperhatikan, maka tidak akan ada orang yang tertarik untuk membeli produk pada Anda.

Karena ada banyak orang yang suka memperhatikan gaya bicara dan cara pelayanan dari dropshipper. Misalnya, calon pembeli merasa penjual atau dropshipper bicaranya kurang sopan dan dalam pelayanannya tidak memuaskan, kemungkinan pembeli ini akan membatalkan transaksinya. Atau kalau diteruskan pun dia tidak akan kembali membeli produknya lagi.

Parahnya lagi, pembeli tersebut mungkin akan menyarankan temannya agar tidak membeli produk pada dropshipper tersebut karena pelayanannya yang tidak memuaskan.

Sebaliknya, ketika si pebisnis dropship ini nyaman ketika ditanya perihal produk dan menggunakan bahasa yang sopan saat menjelaskannya, ini memperbesar peluang pembeli tersebut menjadi pelanggan setia. Bahkan, bisa juga pembeli itu nantinya turut merekomendasikan produk yang dijual oleh dropshipper yang bersangkutan kepada teman-temannya.

• Bisa Dilakukan Sekalipun dengan Modal Kecil
Dropship bahkan bisa dilakukan hanya dengan modal yang minim atau kecil. Karena berbeda dengan reseller yang harus stok barang dan harus mengeluarkan uang dalam jumlah tertentu untuk stok barang tersebut, dropshipper tidak demikian.

Kegiatan dropship sama sekali tidak perlu stok barang dan tugas dropshipper hanyalah memasarkan barang tersebut saja.
Kalau nanti ada orang yang tertarik untuk membelinya, maka dropshipper yang bersangkutan perlu mengkomunikasikannya dengan supplier. Setelah segala sesuatunya beres, stok masih ada dan pembeli setuju dengan harga dan ketentuan yang berlaku, maka uang pembayaran dari pembeli akan diberikan kepada dropshipper.

Nantinya, dropshipper hanya perlu meneruskannya pada  supplier setelah dikurangi keuntungan yang ingin diambilnya. Di sisi lain, karena dropshipper tidak perlu stok barang, otomatis dropshipper tersebut juga tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk menyimpan barang-barang tersebut.

• Mudah Dijalankan
Keuntungan yang lainnya ialah bisnis dropship sangat mudah dijalankan, bahkan meskipun Anda hanya sendirian saja yang menjalankannya. Tentunya keuntungan yang satu ini ada karena dropshipper tersebut tidak perlu mengurus produk dan pembeli secara langsung.

Asalkan sudah ada foto produk berikut dengan keterangannya dari supplier, maka Anda hanya perlu memasukkannya pada media pemasaran saja. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu ada orang yang tertarik untuk membelinya. Anda pun tidak perlu mengurus masalah inventarisasi produk, mengelola gudang, mengemas produk, mengirim produk dan lain-lainnya.  Semua itu akan dilakukan oleh supplier.

• Fleksibel
Yang dimaksud fleksibel di sini adalah lokasi dan waktu berjualan. Anda bisa mengatur sendiri kapan akan berjualan dan kapan batas waktu transaksi yang bisa dilakukan. Dimana Anda akan melakukan transaksi tersebut, ini Anda juga yang menentukan. Hanya saja memang, untuk melakukannya Anda harus memastikan bahwa koneksi internet memadai.

Nantinya, apabila Anda sudah merasa tidak sanggup melayani pembeli yang mungkin terlalu banyak, Anda bisa mengajak teman terdekat atau bahkan anggota keluarga sendiri untuk ikut mengelola bisnis ini. Bagaimana dengan pekerjaan utama mereka? Tentu mereka tidak harus mengorbankannya karena seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bisnis dropship sangatlah fleksibel.

• Bisa Membuat Anda Lebih Mahir dalam Hal Menghitung
Keuntungan lain dari bisnis dropship ialah Anda bisa lebih mahir dalam hal hitung-hitungan. Mengapa demikian? Karena antara produk yang satu dengan produk yang lainnya terkadang mempunyai harga yang berbeda. Dalam hal ini memang, Anda mungkin akan diberi harga yang sedikit lebih murah dari harga yang biasanya oleh supplier.

Tetapi, Anda juga wajib tahu kira-kira berapa harga pasar yang berlaku untuk produk tersebut. Kemudian perkirakan berapa banyak keuntungan yang bisa didapat dengan harga segitu. Memang untuk harga jual kembali Anda bebas menentukan.

Namun jika Anda sampai berlebihan dalam memasang harga, bisa-bisa dagangan Anda kalah saing dari pedagang lain.
Ambillah keuntungan yang sedikit saja, mungkin sekitar 5% sudah cukup. Tetapi kembali lagi, ini terserah pada Anda.

• Pilihan Produk yang Dijual Bisa Lebih Variatif
Ketika seorang reseller memerlukan modal untuk stok barang, maka seorang dropshipper tidak perlu melakukannya. Nah, karena jualan dropshipper tidak tergantung pada modal dan stok barang, otomatis barang yang dijualnya bisa lebih variatif. Mau jual berapa banyak pun selama stok di supplier masih ada ini juga tidak masalah.

• Tidak Terlalu Melelahkan
Sistem bisnis dropship ini juga tidak membuat Anda terlalu lelah dalam melayani pelanggan, berbeda dengan mereka yang menjual produknya di toko fisik langsung. Namun ini juga kembali pada diri Anda sendiri. Silahkan atur saja kapan waktu Anda akan berjualan lalu sampai jam berapa Anda akan melayani pembeli. Atau kalau mau libur sesekali, bisa juga membuat pengumuman di toko online.

• Mengasah Insting Bisnis
Apabila Anda sudah cukup lama menjalankan bisnis dropship, sedikit banyak ini juga akan mempertajam insting bisnis Anda. Diantara contohnya ialah Anda bisa lebih sadar dengan begitu banyaknya kabar tidak benar yang beredar di internet, Anda mulai bisa menebak kira-kira yang manakah berita yang sebaiknya dipercaya dan yang mana yang sebaiknya tidak dipercaya.

Anda bahkan mungkin juga akan mengetahui kira-kira bisnis online apakah yang nantinya akan mati dan bisnis apa yang justru menjadi trend di masa yang akan datang. Bahkan secara tidak langsung Anda juga bisa memahami psikologi seorang pembeli sehingga dari sana Anda bisa mengambil keputusan yang didasarkan pada logika serta data untuk membuat bisnis berkembang lebih baik.

Sebenarnya masih banyak keuntungan bisnis dropship. Dan semua itu baru akan Anda rasakan setelah benar-benar terjun langsung ke dalamnya. Bagaimana jika tidak laku? Mungkin Anda perlu membenahi teknik pemasarannya atau yang lainnya yang sekiranya kurang bisa menarik minat konsumen.

Demikian artikel ini draplan bagikan tentang keuntungan yang di miliki bagi pelaku bisnis dropship. Semoga bermanfaat...


Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel