Cobalah, 10 Cara Menjalani Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda. Ada banyak hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti makan sehat, aktif secara fisik, mempertahankan berat badan yang sehat, dan mengelola stres Anda. Namun, gaya hidup sehat bukan hanya tentang makan sehat dan berolahraga, tetapi juga tentang menjaga "seluruh dirimu" - kesejahteraan fisik, mental, emosional, dan spiritual Anda. Dan itu berarti merawat Anda dari dalam ke luar.

10 CARA MENJALANI GAYA HIDUP SEHAT

Meskipun ada banyak cara umum untuk menjalani gaya hidup sehat, sebenarnya melakukan itu terlihat berbeda untuk semua orang, dan berarti sesuatu yang berbeda dari satu orang ke orang lain. Terlepas dari apa yang Anda pilih untuk dilakukan, menjalani gaya hidup sehat adalah komponen kunci untuk pencegahan penyakit, kesejahteraan, dan umur panjang.
Dengan memperhatikan pola makan, aktivitas fisik, dan tingkat stres Anda memungkinkan Anda menyeimbangkan semua aspek kehidupan Anda dan "seluruh diri Anda" secara efektif.


Di bawah ini adalah 10 hal penting yang dapat Anda lakukan untuk menjalani gaya hidup sehat:
1. Minumlah lebih banyak air

Sebagian besar dari kita tidak minum cukup air setiap hari. Air sangat penting bagi tubuh kita untuk berfungsi. Tahukah Anda bahwa lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air? Air dibutuhkan untuk menjalankan fungsi tubuh, membuang limbah, dan membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh kita. Karena kita kehilangan air setiap hari melalui air seni, buang air besar, keringat dan pernapasan, kita perlu mengisi kembali asupan air kita. Karena asupan makanan berkontribusi sekitar 20% dari asupan cairan kita, itu berarti kita perlu minum sekitar 8-10 gelas sehari untuk tetap terhidrasi.

Salah satu cara untuk mengetahui apakah Anda terhidrasi - air seni Anda seharusnya tidak berwarna atau agak kuning. Jika tidak, Anda tidak mendapatkan cukup air! Tanda-tanda lain termasuk: Bibir kering, mulut kering, dan sedikit buang air kecil.

2. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk obesitas, diabetes, dan bahkan penyakit jantung. Kurang tidur yang terus menerus dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda dan membuat Anda kurang mampu menangkis pilek dan flu. Jadi, penting tidur nyenyak.

Anda dapat melakukan berbagai hal untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Anda dapat menghindari stimulan seperti kafein dan nikotin menjelang waktu tidur. Selain itu, walaupun alkohol dikenal dapat membantu Anda tertidur lebih cepat, terlalu banyak waktu tidur dapat mengganggu tidur di paruh kedua malam saat tubuh mulai memproses alkohol.

Olahraga juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Hanya 10 menit latihan aerobik, seperti berjalan atau bersepeda, dapat secara drastis meningkatkan kualitas tidur malam hari, tetapi harap hindari latihan berat menjelang waktu tidur.

3. Sering Bermeditasi

Meditasi  menenangkan pikiran Anda dan menenangkan jiwa Anda . Ini juga dapat membantu Anda menangani dan mengelola stres dalam hidup Anda. Jika Anda tidak tahu cara bermeditasi, 

4. Berolahraga secara teratur

Jika Anda bisa berolahraga jangan hanya beberapa kali seminggu, tetapi setiap hari. Gerakan adalah kunci menuju kehidupan yang sehat. Berolahraga setiap hari dapat meningkatkan kesehatan Anda dengan banyak cara. Ini dapat membantu meningkatkan rentang hidup Anda, menurunkan risiko penyakit, membantu Anda mengembangkan kepadatan tulang yang lebih tinggi, dan menurunkan berat badan.

Satu hal sederhana yang dapat Anda lakukan adalah, terutama untuk jarak dekat, memilih berjalan di atas kuda, mengemudi atau menggunakan transportasi. Anda bisa menaiki tangga alih-alih naik lift. Anda dapat memilih latihan yang mudah dilakukan di rumah atau di luar yang Anda sukai. Ketika Anda menikmati aktivitas fisik yang Anda pilih untuk diri sendiri, kemungkinan besar Anda akan menikmatinya dan tentu saja ingin melakukannya. Olahraga adalah tentang menjadi sehat dan bersenang-senang pada saat yang bersamaan. Juga, memadukan latihan Anda akan membuatnya menarik.

5. Makan lebih banyak buah dan sayuran.

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral. Sebisa mungkin, Anda harus mengonsumsi vitamin dan mineral melalui diet harian Anda. Puaskan selera makan Anda dengan buah-buahan bergizi ini: Semangka, Aprikot, Alpukat (ya, alpukat secara teknis adalah buah!), Apple, Cantaloupe, Grapefruit, Kiwi, Jambu Biji, Pepaya, Stroberi.

Seperti buah-buahan, sayuran juga penting untuk kesehatan. Para ahli menyarankan 5-9 porsi buah / sayuran sehari, tetapi sayangnya terkadang sulit. Namun, ketika Anda bisa, sertakan makanan seperti kacang merah, kacang hitam, asparagus, kacang panjang, kacang hijau, dan wortel.

Pikirkan sayuran favorit Anda dan bagaimana Anda bisa memasukkan lebih banyak dari mereka dalam diet Anda setiap hari, dan pilih makanan berwarna cerah. Buah-buahan dan sayuran dengan warna-warna cerah baik untuk kesehatan karena mereka menghilangkan hal-hal di tubuh kita yang merusak sel-sel kita.

Jadi, dapatkan isian buah-buahan / sayuran dengan warna berbeda: Putih (Pisang, Jamur), Kuning (Nanas, Mangga), Jeruk (Jeruk, Pepaya), Merah (Apple, Stroberi, Tomat, Semangka), Hijau (Jambu biji, Alpukat) , Timun, Selada, Seledri, Ungu / Biru (Blackberry, Terong, Prune).

6. Kurangi makanan olahan.

Makanan olahan tidak baik karena sebagian besar nilai gizi hilang dalam pembuatan makanan ini dan Pengawet yang ditambahkan buruk untuk kesehatan kita.
Banyak makanan olahan mengandung kadar garam yang tinggi, yang menyebabkan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Makanan olahan adalah segala sesuatu yang tidak dalam bentuk mentahnya. Secara umum, sebagian besar makanan di supermarket diproses - semakin banyak bahan yang ada di label (terutama yang berakhir dengan 'ite' atau 'eat'), semakin banyak diproses. Watch out for mereka dengan garam / gula dalam 5 bahan pertama dan pergi untuk makanan yang tidak diproses sebanyak mungkin.

7. Bernafaslah dengan sengaja. 

Oksigen adalah sumber kehidupan yang vital. Anda mungkin tahu cara bernapas, tetapi apakah Anda bernapas dengan benar? Sebagian besar dari kita tidak bernafas dengan benar - kita hanya mengambil nafas yang dangkal dan bernapas hingga 1/3 dari kapasitas paru-paru kita. Napas penuh adalah saat paru-paru Anda terisi penuh, perut Anda mengembang, dan ada gerakan minimum di bahu Anda. Ada banyak manfaat bernafas dalam yang meliputi pengurangan stres dan tekanan darah, penguatan otot perut dan usus, serta meredakan nyeri dan nyeri tubuh secara umum. Napas dalam juga membantu aliran darah yang lebih baik, melepaskan racun dari tubuh, dan membantu tidur malam yang lebih baik.

8.Pilih karbohidrat cokelat vs. karbohidrat putih.

Karbohidrat putih biji-bijian olahan seperti nasi putih, pasta, roti putih, kerupuk, mie, tortilla, membungkus, apa pun dengan tepung putih dan berkembang biak. Nutrisi telah dihapus dalam proses produksi, membuat mereka kaya kalori tetapi rendah nutrisi. Mereka juga menyebabkan lonjakan kadar gula kita yang tidak sehat. Pilihlah karbohidrat coklat (karbohidrat kompleks yang tidak dimurnikan), seperti beras merah, gandum, gandum, oatmeal (bukan jenis instan), dan kacang-kacangan. Ini datang dengan nutrisi dan vitamin yang utuh.

9. Kurangi makanan berminyak dan bergula, soda, dan kafein.

Jika memungkinkan, kurangi asupan makanan cepat saji, kentang goreng, donat, keripik, irisan, dan makanan yang digoreng. Tidak hanya mereka sangat menggemukkan (1 sendok makan minyak adalah 120 kalori), makanan yang digoreng mengandung akrilamida, bahan kimia yang berpotensi menyebabkan kanker. Ada alternatif yang lebih baik, seperti bakar, dikukus, tumis, atau bahkan makanan mentah.


  • Mengurangi makanan manis juga lebih baik untuk kesehatan Anda. Ini adalah hal-hal seperti permen, kue kering, cokelat, kue, kue, dan donat jeli. Mereka tidak hanya membuat Anda kenyang, tetapi juga membuat Anda ingin makan lebih banyak karena serbuan gula. Gunakan camilan sehat seperti buah-buahan, salad, jus murni, dan makanan yang tidak diproses.

  • Minuman dengan kafein bersifat diuretik, yang berarti mereka mempercepat laju produksi urin. Ini berarti mereka tidak menghidrasi Anda sebaik air biasa. Juga, soda tidak sehat, menyebabkan kenaikan berat badan, dan merupakan stimulan buatan. Ganti soda Anda dengan air atau jus sayuran. Pelajari selengkapnya di 5 Alasan Untuk Berhenti Soda (Dan Cara Melakukannya)

10. berhenti merokok dan / atau hindari merokok pasif.

Merokok dapat sangat meningkatkan risiko kanker paru-paru, kanker ginjal, kanker kerongkongan, serangan jantung, dan banyak lagi. Merokok "ringan" juga tidak mengurangi risiko kesehatan. Jika Anda merokok, berhentilah sekarang dan lakukan itu tidak hanya untuk diri Anda sendiri tetapi juga keluarga dan teman-teman Anda.

Perokok pasif (menghirup udara dari perokok) dapat menyebabkan banyak penyakit jangka panjang yang sama dengan merokok langsung. Tidak ada tingkat merokok pasif yang bebas risiko; bahkan paparan singkat dapat membahayakan kesehatan Anda. Jika memungkinkan, menjauhlah dari perokok dan hindari asap rokok di mana Anda bisa.


Demikian ulasan diatas tentang 10 cara menjalani gaya hidup sehat, Semoga apa yang draplan bagikan ke pada anda semua bermanfaat dan dapat anda terapkan di kehidupan sehari hari. Sekian dan terimakasih...
Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Cobalah, 10 Cara Menjalani Gaya Hidup Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel