5 Manfaat Makan Buah Salak Untuk Tubuh

Draplan.com - Buah salak termasuk buah yang banyak terdapat di negeri kita. Dalam bahasa Inggris, buah ini disebut snake fruit. Mungkin karena kulitnya yang menyerupai sisik ular, ya? Beberapa wilayah di Indonesia terkenal sebagai penghasil salak. Sebut saja, Bali dan Yogyakarta.

Meski tidak setenar pisang, pepaya atau jeruk, namun buah salak juga kaya dengan kandungan gizi. Beberapa di antaranya adalah kalsium, protein, karbohidrat, zat besi, lemak, fosfor, vitamin B, vitamin C, serat, dan mineral.


Dengan kandungan sebanyak itu, lalu apa sajakah kebaikan buah salak? Berikut beberapa manfaat buah salak

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Salah satu kandungan buah salak adalah vitamin C. Vitamin C ini, antara lain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan demikian, jika rutin mengonsumsi buah salak, maka tubuh akan kebal terhadap serangan virus penyakit.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata
Ternyata salak juga mengandung zat betakarotin yang tinggi. Bahkan disebutkan lebih tinggi daripada kandungan betakarotin pada tomat, mangga, semangka bahkan wortel. Jadi, buah ini bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan zat betakarotin.

3. Baik untuk Pencernaan
Kandungan salak yang terdiri dari tannin, saponin, betakaroten, flavonoid dan kalsium, membuat buah ini baik untuk kesehatan pencernaan. Termasuk untuk mengobati diare.
Bagaimana dengan kulit ari yang melekat pada buah salak, apakah anda sering membuangnya? Kalau iya, mulai sekarang, jangan lagi membuang kulit ari tersebut. Ternyata, kulit ari pada buah salak mengandung serat yang berguna untuk membantu memperlancar pencernaan.

4. Baik Untuk Diet
Anda sedang diet? Kalau iya, cobalah lebih banyak mengonsumsi buah salak. Kandungan buah ini salah satunya adalah karbohidrat dan serat. Karbohidrat dan serat ini berguna untuk mempercepat rasa kenyang dan memperlambat timbulnya rasa lapar. Karenanya, buah ini cocok untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.

5. Baik Untuk Otak
Kandungan pottasium dan pectin yang ada pada salak terbukti baik untuk otak. Dengan kandungan tersebut, buah ini dipercaya dapat membantu meningkatkan kinerja kerja otak. Ia juga mampu menutrisi beberapa syaraf dan memperlancar serta mengendalikan peredaran darah ke otak.

Ternyata banyak ya manfaat buah salak. Sebagai catatan, buah ini tidak dianjurkan untuk mereka yang mempunyai riwayat sakit maag dan tifus. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kandungan zat yang tidak cocok untuk penderita penyakit tersebut.

Demikian beberapa manfaat buah salak yang perlu untuk diketahui agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "5 Manfaat Makan Buah Salak Untuk Tubuh "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel