Cara Mudah Mengaktifkan SSL Https Custom Domain di Blogger

Patut anda ketahui apa itu HTTPS,
HTTPS singkatan dari Hypertext Transfer Protocol Secure, yang merupakan protokol komunikasi internet yang aman bagi semua penggunanya. Yang artinya, protokol ini agar dapat menjaga kerahasiaan antara pengguna dengan situs yang sedang diaksesnya.

Dengan menggunakan HTTPS di blog pada sebuah domain, Anda dapat membeli SSL di beberapa penyedia layanan SSL. Anda bisa juga membeli di mana Anda menyewa web hosting tersebut. Banyak penyedia layanan SSL memasang tarif yang cukup tinggi, namun jangan hawatir karena ada pula yang menggratiskannya, misalnya Let's Encrypt.

Penyedia layanan CDN seperti misalnya CloudFlare juga memberikan gratis sertifikat SSL. Namun sangat di sayangkan, memasang sertifikat SSL itu juga sangat sulit. Saya pun tidak pernah berhasil memasangnya di web hosting yang saya gunakan. Namun jangan hawatir, karena saat ini hampir di semua web hosting sudah tersedia SSL gratis Let's Encrypt.

Fitur SSL (Secure Socket Layer) HTTPS merupakan sebuah fitur baru yang diberikan Blogger bagi penggunanya yang menggunakan Custom Domain. Sebelumnya juga Blogger Memang sudah menyediakan fitur HTTPS, namun hanya bisa di gunakan dengan sub domain blogspot saja. Dengan adanya SSL untuk Custom Domain tentunya disambut gembira oleh semua Blogger.

Jika kita menggunakan HTTPS blog tentunya akan menjadi lebih aman dan dipercaya oleh pengunjung karena sudah menggunakan HTTPS, selain itu pula https dapat meningkatkan kualitas SEO blog yang anda miliki. Untuk mengaktifkan HTTPS gratis ini cukup simpel yaitu dengan cara terbaru tanpa masuk terlebih dahulu menggunakan https:// draft.blogger.com, karena blogger sudah resmi meluncurkan SSL untuk custom domain namun caranya sama persis ketika menggunakan draft blogger.


Nah untuk mengaktifkan fitur HTTPS di blog anda punya, berikut ini adalah tutorialnya.

Cara Mengaktifkan SSL (HTTPS) Custom Domain Blogger

  1. Pada dashboard blogger silahkan anda buka setelan dasar, Setelan > Dasar
  2. Pada Ketersedian HTTPS ubah menjadi Ya.

  3. Setelah itu anda tunggu saja beberapa menit sampai Pengalihan HTTPS tersebut terbuka, jika belum terbuka Refresh halaman tersebut.
  4. Jika sudah terbuka maka anda ubah pengalihan HTTPS menjadi Ya.

  5. Selanjutnya Cek blog anda apakah sudah berhasil menggunakan HTTPS atau belum. Namun biasanya jika sudah menggunakan HTTPS tapi belum ada logo gembok warna hijau dan tulisan SECURE.

  6. Untuk mengatasinya cukup mudah anda harus mengubah semua Url yang bertuliskan HTTP ke HTTPS pada Template Editor blog Anda. Template>Edit HTML.
  7. Setelah di ubah semua menjadi HTTPS simpan Template dan Coba Cek kembali Blog Anda.

Setelah selesai melakukan tutorial diatas Jangan lupa pula untuk memeriksa blog anda dengan console yang ada di browser untuk mengecek jika ada link atau java script yang error di pada blog. bisa menggunakan Google Chrome (Ctrl+Shift+I) dan Mozilla Firefox (Ctrl+Shift+I).

Nah sekarang blog anda sudah berhasil menggunakan HTTPS, perlu anda ketahui pula selama peralihan HTTP ke HTTPS trafik blog secara otomatis akan menurun selama beberapa hari, yang harus anda lakukan adalah cukup membuat properti baru di Webmaster dengan menggunakan HTTPS dan submit Sitemap baru. Semoga bermanfaat..

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Cara Mudah Mengaktifkan SSL Https Custom Domain di Blogger"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel