Tips Cara Menyimpan sayuran di Kulkas Agar Tetap Segar

Setelah anda berbelanja kebutuhan rumah tangga biasanya mungkin anda langsung saja menyimpan bahan makanan tersebut tanpa memisahkannya terlebih dahulu dan mungkin tanpa mengetahui bagaimana cara menyimpannya sehingga membuat bahan makanan tersebut menjadi mudah busuk dan mengeluarkan bau yang tidak sedap didalam kulkas anda.

Kulkas merupakan tempat yang tepat untuk membuatnya dapat tetap segar dan tahan lama. Sehingga untuk menjaga kesegaran sayuran ini, memasukkannya ke dalam lemari es adalah jawaban yang tepat sebetulnya. Namun, hati-hatilah saat Anda menyimpan sayuran ke dalam lemari pendingin. Jika caranya salah, maka sayuran tersebut malah akan semakin cepat membusuk.

Menyimpan bahan makanan seperti sayuran di dalam kulkas agar tetap segar tentunya memiliki tips tersendiri yang sering tidak anda sadari. Nah lalu bagaimana caranya, agar bahan makanan yang anda simpan didalam kulkas tersebut bisa tetap segar dan tidak bau berikut draplan kasih tips cara menyimpan sayuran di kulkas agar tetap segar.





• Lakukan sortir pada sayuran sebelum menyimpannya dalam kulkas

Agar tahan lama saat disimpan dalam lemari es, terlebih dulu pilihlah sayuran yang sudah busuk dan yang masih segar. Beberapa sayuran seperti bayam dan kangkung umumnya memiliki beberapa helai daun yang sudah menguning. Jika tidak dibersihkan, maka daun yang sudah menguning ini akan semakin busuk di dalam kulkas. Singkirkan juga akar pada sayuran supaya terlihat lebih bersih dan fresh.


• Mencuci Sayuran

Mencuci sayuran dapat mengurangi bakteri yang terdapat di sayuran. Bakteri tersebut bisa berasal dari pestisida yang digunakan oleh petani maupun kuman yang ada di pasar ketika Anda membelinya. Lalu, bagaimana cara mencuci sayuran yang tepat? Yaitu dengan mencuci seluruh bagian sayuran, lalu keringkan dengan cara diangin-anginkan dan dilap supaya kering sempurna.


• Membungkus Sayuran Dengan Kertas

Di samping perlu dicuci, agar tahan lama sayuran juga harus dilapisi dengan kertas untuk mencegah udara lembap kulkas meresap secara langsung. Dengan memberikan lapisan kertas, maka ada penghalang antara sayuran dengan udara lembap yang sebenarnya bisa mempercepat pembusukan pada sayuran.


• Memisahkan Buah dan Sayur

Untuk menjaga kesegaran sayur, maka jangan letakkan buah tepat berdampingan dengan buah. Hal tersbut karena buah mengeluarkan zat etilen yang dapat mempercepat proses pemasakan sayur dan buah itu sendiri. Meskipun di suhu yang rendah, zat ini tetap aktif bekerja sehingga jika Anda tidak ingin sayur cepat membusuk, maka sebasiknya anda pisahkan keduanya saat di dalam lemari es.


• Memasukkan Sayur Dalam Plastik Berlubang

Untuk menyimpan sayur dan buah secara berdekatan, jika memang tidak tersedia space yang cukup, maka masukkan sayur ke dalam plastic berlubang untuk memberikan oksigen kepadanya. Lubang pada plastic tempat penyimpanan sayuran dimaksudkan untuk menjaga kesegaran selama disimpan di kulkas.


Kini Anda sudah tahu bagaimana cara menyimpan sayuran di kulkas dengan tepat. Meski dapat memperlambat pembusukan dan menjaga sayur tetap segar, namun Anda tidak diperbolehkan menyimpan sayur lebih dari tiga hari untuk memastikan kandungan nutrisi didalamnya cukup lengkap untuk anda konsumsi.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel