7 Cara Efektif Memperceat Koneksi Internet Wifi hingga 100% Lebih Cepat

Kecepatan koneksi internet adalah sesuatu yang sangat penting di jaman digital seperti sekarang ini. Banyak sekali pekerjaan dan kegiatan lainnya yang dapat dikerjakan dengan cepat dan praktis berkat bantuan internet.

Mau mengirimkan surat elektronik atau file-file penting, tinggal kirim melalui fasilitas email. Mau membaca ebook ataupun mencari referensi karya ilmiah, cukup browsing saja melalui internet. Begitu pula jika kita ingin menghubungi keluarga dan kawan lama misalnya yang tinggal jauh dari tempat kita, dengan melalui media sosial kita bisa terhubung langsung dengan mereka secara online.

Internet lambat bukan hanya menghambat berbagai aktivitas penting saja di era digital seperti sekarang ini, tapi juga bisa menyulut emosi si pengguna internet karena proses data yang tak kunjung selesai.




Untuk itu sebelum kita merasa kesal dengan koneksi internet yang terlalu lambat atau lemot, alamgkah baiknya anda simak dulu 7 tips dari draplan tentang cara mempercepat koneksi internet di komputer, berikut ulasannya:


1. Mengubah Setting Bandwidth
Sebelumnya, pastikan dulu modem yang Anda gunakan apa sudah dalam posisi on atau belum. Karena Bandwidth merupakan luas cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal untuk keperluan transmisi data.

Pada umumnya bandwidth pada pengaturan default komputer hanya berkisar pada angka 20%. Dengan begitu agar koneksi internet anda maksimal, sebaiknya gunakanlah nilai bandwidth yang lebih besar dengan cara mengubah setting pada computer configuration. Berikut bisa anda simak langkah-langkahnya:
  • Silahkan buka program Run dengan cara klik tombol berlogo Windows dan  tombol R secara bersamaan. Nantinya akan muncul pop up Run.
  • Selanjutnya pada bagian program Run, ketikgpedit.msc pada kolom yang telah disediakan. Lalu anda klik OK
  • Perhatikan pada tampilan di layar Anda. Lakukan Double klik pada bagian Computer Configuration > Administrative Templates > Network > QoS Packed Scheduler
  • Lakukan Double Klik pada bagian menu Limit Reservable Bandwidth
  • Silahkan pilih menu enable > Pada bagian Bandwidth Limit anda diganti menjadi 0 (defaultnya 20), lalu anda klik OK
  • Selanjutnya Restart komputer Anda untuk mendapatkan hasilnya


2. Tips Cara Mempercepat Koneksi Internet dengan Mengubah DNS di Komputer
Cara mempercepat koneksi internet berikutnya adalah dengan mengubah setingan DNS lama di komputer Anda punya. Perlu anda ketahui DNS merupakan singkatan dari Domain Name System dan digunakan untuk melakukan pencarian nama di komputer yang menggunakan layanan fasilitas jaringan TCP / IP (Transmission Control Protocol / Internet Protocol).

Sebaiknya anda ganti konfigurasi pengaturan DNS menjadi open DNS atau menggunakan DNS Google. Karena Cara ini cukup efektip untuk meningkatkan kecepatan koneksi internet Anda hingga 20% dari kecepatan sebelumnya.

Menggunakan open DNS, berikut ini langkah-langkahnya:
  • Perhatikan bagian task bar komputer Anda. Klik kanan ikon Network, lalu klikOpen Network and Sharing Center
  • Selanjutnya silahkan anda klik link menu Connection yang ada pada bagian kanan.
  • Setelah jendela Wireless Network Connection Status terbuka, selanjutnya klik tombol properties
  • Kemudian langkah selanjutnya adalah anda klik sekali pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/ IPv4), lalu klik Properties
  • Pada tab General, pastikan dahulu Anda mencentang Use the Following DNS server addresses. Ubah DNS
Prefered DNS: 208.67.222.222
Alternate DNS: 208.67.220.220
  • Lalu klik Ok
  • Untuk mendapatkan hasilnya, restart komputer Anda.
Jika anda ingin menggunakan DNS dari Google, berikut dibawah langkah-langkahnya:
  • Silahkan anda Klik kanan ikon Network, lalu anda klik Open Network and Sharing Center
  • Selanjutnya, anda klik link menu Connection yang ada di bagian kanan anda.
  • Setelah jendela Wireless Network Connection Status terbuka, selanjutnya klik tombol properties
  • Pilih Properties > Internet Protocol Ver. 4 > Properties
  • Prefered DNS Server: 8.8.8.8
  • Alternate DNS Server: 8.8.4.4


3. Mengaktifkan DNS Cache
Fungsi dari DNS Cache sebetulnya tidak jauh beda dengan penjelasan pada poin 5, cuman bedanya adalah pada langkah ini kita mengaktifkan pengaturan DNS Cache pada regedit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
  • Buka Notepad
  • Copy kode di bawah ini ke dalam notepad anda :
[HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
"CacheHashTableBucketSize"=dword:00000001
"CacheHashTableSize"=dword:00000180
"MaxCacheEntryTtlLimit"=dword:0000fa00
"MaxSOACacheEntryTtlLimit"=dword:0000012d
  • Simpan notepad tersebut dengan namadnscache.reg
  • Jika ingin mengaktifkan DNS Cache, silahkan double klik pada file dnscache.reg tadi.
  • Buka file tersebut setiap kali ketika Anda browsing di internet untuk mendapatkan kecepatan koneksi internet yang lebih cepat dari sebelumnya.


4. Pilihlah Provider yang Kompeten
Saya sarankan sebaiknya anda pilih Internet Service Provider (ISP) yang sudah terbukti handal dan kompeten dalam memberikan penyediaan jaringan internet. Jangan mudah tergiur dengan promosi banting harga yang ditawarkan oleh ISP tertentu. Karena tentunya harga tidak bisa bohong. Jika harga yang agak mahal pastinya akan sebanding dengan kualitas koneksi internet yang diberikan.


5. Gunakan Modem yang Memadai
Modem (modulator demodulator) adalah sebuah perangkat elektronik yang digunakan untuk mengubah sinyal komputer ke dalam besaran frekuensi tertentu untuk kemudian diproses melalui saluran telepon kabel.

Modem tersebut memiliki spesifikasi kecepatan koneksi yang berbeda-beda. Agar mendapatkan kecepatan koneksi yamg maksimal, sebaiknya anda gunakan modem yang spesifikasi kecepatan cukup besar. Karena biasanya modem yang sering digunakan memiliki kapasitas koneksi sekitar 256 Kbps.


6. Gunakan Provider yang Belum Begitu Banyak Digunakan
Walaupun dikenal sebagai provider yang qualified dalam menyediakan koneksi internet, banyaknya pengguna internet pada provider tertentu juga dapat menjadi salahsatu penyebab lemotnya koneksi internet yang Anda gunakan.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menggunakan jasa provider yang belum terlalu banyak digunakan oleh pengguna internet lainnya. Dengan begitu Anda masih bisa berkesempatan untuk mendapatkan layanan internet dengan kualitas koneksi maksimal yamg lebih baik lagi.


7. Gunakanlah Perangkat Komputer atau Gadget Yang Berspesifikasi Tinggi
Jika keenam cara di atas sudah anda praktekkan dan ternyata tidak membantu meningkatkan koneksi internet Anda, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk meningkatkan spesifikasi perangkat#komputer atau gadget yang digunakan untuk mengakses internet. 

Jika pada perangkat yang Anda gunakan memiliki RAM, prosesor dan harddisk berkapasitas rendah, maka hal ini akan dapat mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang bisa Anda peroleh. Jadi, tak ada salahnya jika anda mempertimbangkan untuk mengganti komputer, laptop atau gadget ketika koneksi internet Anda sudah sangat lambat dan tidak layak digunakan lagi.


Demikian ulasan diatas Draplan tuliskan tentang beberapa cara mempercepat koneksi internet Anda. Kecepatan koneksi internet sebetulnya dapat dipengaruhi oleh banyak faktor baik faktor internal (penggunaan gadget berkapasitas rendah dan setting internet yang keliru) maupun faktor eksternal (provider yang kurang kompeten), sehingga Anda harus lebih cermat lagi dalam mengatasi permasalahan koneksi internet tersebut. Sekian dan terimakasih...

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel