Jangan Lakukan Kebiasaan ini, Jika Smartphone Anda Tidak Ingin Cepat Rusak

Patut kita akui memang smartphone dijaman sekarang ini menjadi perangkat yang sangat penting untuk kita bawa kemana-mana. karena hampir semua orang di zaman sekarang menjadikan handphone sebagai benda paling berharga yang harus mereka bawa kemanapun mereka pergi.

Bisa kita bayangkan jika seharian tanpa menggunakan HP, hidup jadi terasa hampa!. apalagi kebanyakan kaum millenial kebanyakan menggantungkan hidup pada smartphone ketimbang benda lainnya.

Namun perlu diketahui beberapa kebiasaan sehari-hari yang tanpa kita sadari ternyata malah meningkatkan risiko merusak HP yang kita miliki, oleh karena itu pada kesempatan kali ini draplan akan memberi tips agar terhindar dari kerusakan pada smartphone anda.




Berikut 5 Tips Merawat Smartphone

1. Jangan bawa smartphone ke kamar mandi atau toilet

Kebiasaan ini mungkin masih sering anda lakukan, untuk itu sebaiknya jangan anda lakukan, jadi berhentilah mulai dari sekarang. karena jika anda membawa handphone ke kamar mandi dapat berisiko untuk jatuh ke air dan rusak. selain itu barang elektronik pantang untuk terkena air, kecuali barang-barang elektronik tertentu yang memang spesifikasinya water resistant atau anti air.

2. Jangan lakukan pengisian daya atau charging smartphone semalaman

Kebiasaan ini pun sering kali dilakukan, mungkin anda berharap dengan mengisi daya semalaman smartphone anda bisa penuh ketika bangun tidur saat pagi. Sebenarnya tidak masalah dan bahaya, namun jika sering anda lakukan bisa membuat baterai HP cepat rusak. 

Hal ini bisa berakibat fatal karena dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas pada baterai semartphone, Selain itu baterai dengan jenis Lithiu-ion tidak memerlukan tegangan penuh karena tegangan tinggi cepat hari menghabiskan baterai. Jadi intinya adalah baterai amda akan cepat rusak jika sering membiarkan smartphone di charge semalaman.

3. Jangan bersihkan smartphone dengan bantuan bahan kimia

Hindarilah penggunaan bahan kimia saaat membersihkan smartphone anda. Karena hal ini bisa mempercepat kerusakan pada smartphone. Jangan pernah membersihkan layar dengan cairan yang mengandung amonia atau zat lainnya yang dapat merusak lapisan antisistatik dan anti reflektif yang ada pada layar smartphone anda. 

perlu diketahui jika kebiasaan ini sering dilakukan maka senyawa yang terdapat pada bahan kimia tersebut bisa mengakibatkan munculnya retakan, menguning, kekeruhan pada layar smartphone.

4. Hindari Kebiasaan memakai HP sampai ngedrop

Baterai smartphone dengan jenis Lithium-ion telah diprogram dengan sejumlah siklus pemakaian dari 100% hingga 0% hanya dapat bertahan dengan beberapa ratus suklus saja. karena kapasitas baterai tersebut bisa berkurang sendirinya selama masa pemakaian yang terlalu sering. 

Jadi sebaiknya anda tidak menunggu sampai smartphone anda benar-benar mati atau ngedrop. Jika anda mengalami baterai dengan idikator Low Battery, segeralah untuk mengisi ulang. agar terhindar dari masalah kerusakan lainnya.

5. Jangan gunakan charger KW

Janganlah menggunakan kepala charger sembarangan. Kebiasaan inilah yang dapat mempercepat kerusakan pada smartphone anda. Hal ini biasanya sering dilakukan oleh pengguna smartphone. Terutama saat bepergian dan lupa membawa charger, karena biasanya akan meminjam punya teman atau orang lain.

Nah itulah kebiasaan yang jangan anda lakukan jika smartphone yang anda miliki  tidak cepat rusak,  Hal ini karena terdapat chip khusu didalam smartphon yang memiliki fungsi tertentu dan sistem tersebut bisa mengalami kerusakan oleh penggunaan yang tidak teratur atau sembarangan. Semoga bermanfaat !!!

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel