Inilah 3 Tips Untuk Menentukan Niche Market Anda

Menentukan target market yang tepat dari niche, sebetulnya bukan hal yang mudah dilakukan semua pebisnis. karena Sebelum mencari ide produk yang tepat untuk jualan online, entrepreneur harus menentukan target market yang spesifik terlebih dahulu.

Namun perlu anda sadari, Menemukan niche market merupakan langkah awal yang wajib Anda lakukan jika ingin memulai bisnis online.

Pada e-course terbaru saya, List Building Mastery, saya membagi niche menjadi 3 kategori yaitu niche, sub-niche, dan micro-niche.
Semakin kecil nichenya tentu akan lebih terfokus dan segmented, berikut ilustrasinya:

Katakanlah Anda membangun bisnis di bidang suplemen. 
Niche market Anda adalah kesehatan, tapi kesehatan itu sendiri masih sangat luas. Bisnis catering makanan sehat, essential oil, sampai pijat juga masuk ranah kesehatan maka dari itu harus difokuskan lagi agar lebih relavan.

Kemudian kita fokuskan ke market orang-orang yang mengkonsumsi suplemen sebagai sub-nichenya, perlu diingat niche suplemen juga masih luas. Anda kembali dihadapkan pada pilihan, mau fokus ke suplemen general health, fitness, anti-aging ataupun yang lainnya.

Sebagai contoh kita pilih suplemen fat loss sebagai micro nichenya. Tapi ini masih belum spesifik. Target market Anda adalah orang-orang yang ingin turun berat badan, tapi tidak semua orang yang ingin turun berat badan memiliki kondisi yang sama. 


Maka dari itu harus lebih spesifik lagi sebisa mungkin, apakah segmen market anda adalah ibu yang baru melahirkan dan ingin menurunkan berat badan, atau orang yang harus menurunkan berat badan karena penyakit.

Semua segmen ingin menurunkan berat badan tapi memiliki kondisi yang berbeda, ibu yang baru melahirkan harus mengkonsumsi suplemen yang aman bagi asi, orang yang ingin menurunkan berat badan karena penyakit harus konsumsi suplemen yang tidak memiliki efek samping terhadap penyakitnya. 

Walaupun satu tujuan ingin menurunkan berat badan, tapi concern mereka akan berbeda-beda, maka dari itu tidak bisa digabungkan menjadi satu kolam list. Mungkin anda akan bertanya"?




Jikalau saya mau menentukan niche market, bisa dimulai dari mana? 
Baiklah saya akan jawab?


Inilah 3 tips untuk menentukan niche market Anda:

1. Cari niche market potensial, 

Mencari niche market potensial bisa dimulai dari hal yang Anda sukai atau minati. anda bisa Manfaatkan tool Google Trends untuk melihat apakah tren bisnis tersebut naik atau turun. Anda juga bisa langsung search “Google Trends” di Google kemudian masukkan tren bisnis yang ingin Ada cari.


2. Tentukan ideal customer Anda

Siapa target market Anda dan seperti apa behavior atau customer journey mereka sebelum mereka memutuskan untuk membeli sesuatu.


3. Lakukan riset pasar 

Melakukan riset pasar juga perlu anda lakukan untuk memastikan ide tersebut layak dijadikan sebuah bisnis atau tidak. selain itu Anda bisa cari komunitas yang berisikan niche Anda untuk tanya langsung ke mereka.

Nah itulah tiga langkah diatas adalah langkah awal dalam berbisnis online. sebenarnya Masih banyak juga cara untuk menentukan Niche market Anda, Perlu di ingat bisnis online tidak sama dengan bisnis offline pada umumnya.

Demikian artikel ini saya tuliskan, semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat buat anda semua...

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel