Khasiat Biji Pepaya Untuk Kesehatan Tubuh Kita

Selain dikenal dengan buahnya yang baik untuk melancarkan pencernaan. Ternyata buah yang mudah ditemukan dan memiliki harga yang lumayan terjangkau ini cenderung dikonsumsi hanya daging buahnya dan bijinya dibuang begitu saja. Tidak hanya daging buahnya yang kaya akan manfaat, ternyata biji pepaya yang sering disepelekan juga mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Ketika memakan buah pepaya, biasanya kita akan langsung membuang bijinya karena dianggap tidak berguna kecuali untuk ditanam kembali. Namun ternyata, biji pepaya mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Seperti yang dilansir dari beberapa media yang membahas tentang kesehatan, biji pepaya mempunyai beberapa kandungan senyawa, antara lain: anti bakteri, asam oleat, asam palmitat, alkaloid, flavanoid, saponin, tanin, anthocyanosides, papain, dan carpaine. 


Kandungan ini membuat biji pepaya mempunyai banyak khasiat, yaitu:

1. Menjaga kesehatan dan fungsi hati
Hati merupakan salah satu organ vital dalam tubuh untuk menyerap dan menyaring racun-racun dalam tubuh. Apabila fungsi hati terganggu, maka tubuh akan dipenuhi dengan timbunan racun akibat berbagai zat yang masuk ke dalam tubuh.
Biji pepaya ternyata bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan memperbaiki fungsi hati. Bahkan biji pepaya juga mampu mengobati penyakit sirosis hati yaitu penyakit hati yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebih sehingga hati menjadi mengkerut dan mengeras.

2. Detoksifikasi ginjal
Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang sangat vital untuk menyaring sampah dan racun dalam darah. Gagalnya fungsi ginjal akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan berkepanjangan yang berujung kematian. Oleh karena itu, kesehatan ginjal harus dijaga dengan baik. Konsumsi biji pepaya ternyata mampu membantu kinerja ginjal dan meningkatkan kesehatannya.

3. Mencegah parasit dalam tubuh
Parasit merupakan organisme yang hidup dalam tubuh dan bersifat menganggu, seperti cacing, bakteri, virus, dan jamur. Mengkonsumsi pepaya ternyata dapat membantu menghilangkan parasit dalam tubuh karena biji pepaya mengandung carpaine dan enzim proteolitik (papain).
Dilansir dari mediskus.com, sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak di Nigeria dapat terbebas dari parasit hingga 75% berkat mengkonsumsi jus biji pepaya secara teratur selama 7 hari.

4. Menurunkan kadar kolesterol
Kolesterol merupakan penyakit yang biasa diderita oleh seseorang dengan pola hidup tidak sehat. Kolesterol yang terlalu tinggi dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti stroke dan penyakit jantung. Biji pepaya ternyata mampu membantu menurunkan kolesterol melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL.

5. Mengurangi pembengkakan dan peradangan
Peradangan merupakan upaya tubuh untuk memerangi benda asing yang ada atau masuk ke dalam tubuh. Reaksi peradangan biasanya berupa rasa nyeri dan pembengkakan. Konsumsi biji pepaya ternyata mampu meredakan radang sendi, bengkak, rasa sakit, hingga kemerahan pada kulit.

6. Mengobati kanker dan tumor
Berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, biji pepaya mempunyai komponen imunomodulatori yang mampu memperlambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu, kandungan isotiosianat dapat membantu menghentikan pertumbuhan kanker dan tumor, khususnya kanker usus besar, payudara, leukimia, prostat, dan paru-paru.

7. Mengatasi uban
Biji pepaya yang ditumbuk halus dan digunakan secara rutin saat keramas dapat membantu menyamarkan uban di rambut.

8. Kontrasepsi alami
Biji pepaya dapat dimanfaatkan sebagai kontrasepsi alami karena mampu menurunkan kesuburan dan produksi sperma selama mengkonsumsi biji tersebut. Oleh karena itu, bagi pasangan yang sedang hamil, menyusui, dan mendambakan keturunan sebaiknya tidak mengkonsumsi biji pepaya.

Cara mengkonsumsi biji pepaya agar mendapat hasil yang maksimal adalah dengan menumbuknya menjadi halus atau langsung mengunyahnya. Konsumsi biji secara utuh tidak dianjurkan karena usus akan sulit mencerna kulitnya yang cukup keras.

Nah, itulah sahabat draplan tentang beberapa khasiat biji pepaya untuk kesehatan tubuh kita. Semoga ulasan diatas bermanfaat buat anda semua...

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel