Beberapa Hal Yang Harus di Hindari Saat Promosi di Media Sosial

Dengan banyaknya media sosial saat ini yang semakin hari semakin menjamur, berdampak semakin mudahnya kita untuk mendapatkan dan membagikan informasi dengan cepat dan murah. Bahkan sebagai sarana promoso pun begitu mudah dan banyak nya orang yang melakukan kegiatan tersebut, Karena salah satu fungsi media sosial adalah mempermudah kegiatan manusia sehari-hari.

Kecanduan menggunakan media sosial terjadi di berbagai kalangan usia, tak hanya kaum muda dan remaja saja, melainkan anak-anak hingga orang tua saat ini juga ketagihan menggunakan media sosial.

Pemerataan ini mungkin dikarenakan penggunaan ponsel smartphone dan internet bukan sesuatu hal yang sulit lagi di temukan. Berbeda dengan dulu, gadget dan internet adalah barang yang hanya di gunakan pada kalangan tertentu saja.

Beberapa akun online shop atau toko online di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, kerap membuat banyak orang merasa sebal. Alasannya, akun tersebut melakukan berbagai cara promosi yang menyebalkan dan mengganggu kenyamanan dalam bermedia sosial.


Maka tak jarang, pengguna media sosial yang merasa terganggu akan memblokir akun-akun online shop yang suka seenaknya dalam melakukan promosi. Bukannya mendapatkan perhatian secara positif, cara-cara promosi yang terlalu berlebihan akan membuat bisnis Anda dicela.

Untuk itu, bagi Anda yang menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memasarkan atau membagikan konten artikel di blog, produk maupun jasa bisnis Anda atau yang lainnya, sebaiknya hindari cara-cara promosi yang menganggu orang lain.  Silahkan simak ulasan dibawah ini

Beberapa Hal Yang Harus di Hindari Saat Promosi di Media Sosial 

1. Mengunci Akun Anda
Mengunci akun media sosial Anda memang tidak merugikan orang lain. Biasanya, Anda menguncinya agar orang lain mau mengikuti atau follow akun Anda terlebih dahulu. Namun, cara ini kadang tidak berhasil. Orang lain yang baru saja mengetahui nama akun Anda dan sudah penasaran untuk melihat-lihat produk Anda, malah tidak bisa ‘stalking’ dan akhirnya malah mencari online shop lain yang tidak menggembok akunnya.
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online di Instagram

2. Tag Foto Secara Massal
Saat Anda mengunggah foto, Anda bisa melakukan tag ke puluhan akun lain sekaligus. Namun, jika Anda men-tag foto secara massal ke sembarang orang yang tidak ada kaitannya dengan bisnis Anda, maka postingan Anda akan dianggap sebagai spam. Sebab tidak semua orang suka mendapatkan notifikasi sembarangan di media sosial.

3. Komentar Spam di Akun Orang Lain
Coba Anda perhatikan kolom komentar selebriti di media sosial seperti Instagram. Banyak sekali komentar spam yang mengganggu. Contohnya “Dijual murah produk pelangsing. Yuk, cek IG kita, kak.” Komentar yang tidak berhubungan dengan postingan itu dianggap tidak etis. Cara promosi yang murahan, meski kadang Anda mungkin bisa saja mendapatkan pembeli baru dengan cara promosi di kolom komentar akun orang lain.

4. Terlalu Banyak Postingan Dalam Sehari
Anda bebas memposting produk Anda di akun media sosial. Namun, perhatikan juga kenyamanan para pengikut akun Anda. Sebab semua postingan Anda akan muncul di timeline atau halaman beranda mereka. Jika setiap hari Anda memposting banyak konten dalam waktu berdekatan, follower Anda bisa merasa risih. Untuk itu, jadwalkan setiap postingan konten Anda dengan baik.

5. Follow Lalu Di-unfollow
Anda pasti ingin menambah jumlah follower. Jika Anda mem-follow akun orang lain terlebih dahulu, lalu mengharapkan mereka memberikan follow-back, maka itu tidak apa-apa. Namun, jika setelah di-follow, Anda malah meng-unfollow, maka sebaiknya jangan dilakukan. Karena ini meninggalkan kesan yang tidak baik dan mereka juga akan meng-unfollow akun Anda.

6. Menggunakan Auto-Like
Banyak akun online shop yang menggunakan auto-like untuk mengelabui orang lain. Jumlah like palsu yang banyak untuk membuat orang akan terkesan saat pertama melihatnya. Namun, para pengguna media sosial kini sudah banyak yang pintar. Mereka bisa membedakan like yang dari akun robot. Jadi, lebih baik Anda fokus pada konten yang menarik agar disukai oleh para pengguna ‘real’.

7. Konten Selalu Berhubungan dengan Promosi
Follower Anda pasti tidak suka jika konten yang Anda posting selalu bersifat promosi. Konten yang membosankan, karena follower Anda tidak mungkin membeli produk Anda setiap hari. Untuk itu, berkreasilah dalam membuat konten yang menarik. Sesekali Anda sebaiknya mengunggah konten yang memberikan informasi dan hiburan bagi follower Anda.

Nah itulah sahabat draplan ku sekalian beberapa hal yang harus dihindari saat melakukan kegiatan promosi di media sosial semoga ulasan di atas bermanfaat buat anda, sekian dan terima kasih telah berkunjung di blog draplan.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel