Tips Memilih Jasa SEO Profesional Untuk Website atau Blog Agat tidak Kena Tipu

Kepemilikan sebuah website bisnis atau iklan di media sosial tidak lagi cukup untuk bertahan, apalagi mengembangkan bisnis anda. Memiliki sebuah website atau blog tidak menjamin bahwa bisnis anda akan ‘terlihat’ oleh konsumen atau calon konsumen dalam keseluruhan. Apalagi di era moderen sekarang ini yang kita ketshui  persaingan bisnis global semakin hari semakin ketat. Oleh karena itu, website atau blog bisnis harus dikelola secara profesional dengan layanan Search Engine Optimization (SEO).

Secara literal, SEO berarti upaya mengoptimalkan sebuah website atau blog di mesin pencari. Mesin pencari utama yang menjadi target SEO adalah Google, karena memang paling banyak digunakan oleh pengguna internet di seluruh dunia. Sebuah website yang dioptimasi dengan baik akan muncul di halaman pertama mesin pencari ketika pengguna mengetik kata kunci yang relevan di browser yang digunakan.

Sebagai contoh misalnya, ketika seseorang mengetik “Jasa Web Profesional” di mesin pencari, maka jasa-jasa web yang terataslah yang paling besar kemungkinannya untuk dikunjungi pengguna internet. Semakin tinggi posisi bisnis anda di hasil pencarian Google, kemungkinan dikunjungi calon konsumen juga lebih tinggi. Artinya, kemungkinan konversi kunjungan menjadi transaksi juga lebih tinggi.

Tips Memilih Jasa SEO Profesional dan Terbaik di Indonesia
Mencari jasa SEO di internet memanglah tidak mudah, namun mencari jasa SEO profesional di Indonesia pastinya membutuhkan beberapa trik. Setiap penyedia jasa bisa saja mengaku menawarkan layanan profesional, namun jika tidak hati-hati maka akan menjadi petaka bagi anda, anda hanya akan membayar biaya SEO yang besar sementara hasilnya tidak terlihat setelah berbulan-bulan itu artinya anda tertipu.


Jadi, anda memerlukan jasa SEO yang benar-benar profesional. Lalu, bagaimana cara menemukannya? Beberapa tips berikut mungkin membantu anda:

1. Cek SEO Website-nya
Sebuah jasa SEO profesional tentunya harus bisa membuktikan profesionalisme layanannya melalui SEO di website miliknya sendiri. Bagaimana mungkin mereka bisa mengoptimasi website atau blog anda jika website-nya sendiri tidak teroptimasi dengan baik dan benar? Nah, mulailah dengan mengetahui performa SEO website penyedia jasa terlebih dahulu.

Caranya cukup mudah? Lakukan hal yang sama dengan mengecek popularitas website anda. Ketik “jasa SEO profesional di Indonesia” di mesin pencari (Google) dan perhatikan daftar jasa SEO yang muncul di halaman pertama.

Lalu pertanyaannya, “Apakah jasa SEO yang anda pilih harus berada di urutan #1karena alasan berikut:

Urutan 1 hingga 3 biasanya ditempati oleh usaha yang menggunakan jasa iklan berbayar di Google. Jadi, usaha yang berada di urutan pertama hingga tiga belum tentu memiliki performa SEO yang baik, karena mereka berada di urutan teratas dengan membayar. Begitu kontrak iklan selesai dengan Google, bisa saja usaha tersebut tidak lagi berada di posisi teratas.

Jasa SEO yang profesional bisa berada di halaman pertama hasil pencarian tanpa melalui iklan berbayar Google. Di sinilah profesionalisme tenaga SEO dibuktikan.

Karena tingginya persaingan jasa SEO di internet, berada di halaman pertama bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Berada di peringkat 10 besar sudah menjadi pencapaian yang tinggi, karena kata kunci “Jasa SEO profesional di Indonesia’ termasuk populer di mesin pencari.

Dengan kata lain, halaman pertama mesin pencari cukup bagi anda sebagai patokan untuk membuktikan bahwa Jasa SEO tersebut memang profesional, karena dibuktikan dengan optimasi website-nya sendiri.

2. Cek Kebijakan Layanan
Kebijakan layanan terkait dengan teknik optimasi website yang digunakan. Memang, tidak semua orang memahami teknik optimasi website. Namun, mereka setidaknya akan memberikan penjelasan singkat tentang teknik umum yang akan digunakan.

Oleh sebab itu, sebuah jasa SEO profesional dan terbaik akan melakukan hal berikut sebagai bentuk kebijakan layanan:

Analisis Website
Sebelum anda memastikan teknik yang akan digunakan, jasa optimasi web akan melihat terlebih dahulu kondisi website anda. Analisis singkat ini mencakup niche bisnis, kata kunci yang dituju, maupun posisi website saat ini sesuai dengan kata kunci yang diinginkan. Layanan ini biasanya diberikan secara gratis.

Analisis singkat ini nantinya akan menjadi dasar dalam menentukan tarif layanan SEO selama masa kontrak anda.
Jika jasa SEO tersebut tidak pernah menanyakan alamat website atau blog anda, dan bahkan langsung mematok harga tertentu, anda layak mempertanyakan profesionalitasnya. Tarif yang dibebankan idealnya didasarkan kepada kondisi website anda.

Teknik Optimasi
Secara umum, ada dua teknik optimasi yang digunakan jasa SEO, yakni SEO OnPage dan SEO OffPage. Jasa optimasi website mestinya memahami keduanya, namun tidak semua jasa SEO menyediakan kedua jenis layanan ini. Ada yang fokus pada satu layanan saja, dan ada yang menyediakan keduanya.

Dalam dunia SEO, SEO OnPage lazim dikenal dengan whitehat. Teknik optimasi dilakukan dengan menggunakan kata kunci yang relevan, tag HTML, content yang berkualitas, update content secara teratur, dan sebagainya.  Pada kasus tertentu, Google sebenarnya lebih menyukai teknik whitehat, namun prosesnya memerlukan waktu yang lebih lama.

Sebaliknya, SEO OffPage dikenal dengan istilah blackhat. Teknik ini dilakukan di luar website. Misalnya adalah backlink, yakni membangun popularitas website dengan cara membangun link dari website lain ke website anda. Logikanya seperti ini: jika link website anda muncul di halaman-halaman web populer, besar kemungkinan website anda akan dikunjungi pembaca di web tersebut. Strategi lainnya adalah iklan, spam, dan sebagainya.

Jadi, pastikan anda mengetahui teknik optimasi yang digunakan. Teknik whitehat membutuhkan proses lebih lama, namun lebih disukai Google. Sementara itu, teknik blackhat menunjukkan hasil yang lebih singkat, namun pada kasus tertentu, Google cenderung tidak menyukai teknik ini.

Biaya layanan blackhat biasanya lebih tinggi, karena membutuhkan skill khusus dari jasa SEO tersebut. Pastikan jasa SEO tersebut memberikan anda kebebasan untuk memilih setelah mempertimbangkan sisi positif dan negatif masing-masingnya, atau bahkan menggabungkan keduanya.

3. Cek Kebijakan Harga
Seperti dibahas di atas, harga paket yang ditawarkan kepada anda semestikan memiliki landasan. Semakin besar upaya yang diperlukan untuk mengoptimasi web atau blog anda, semakin tinggi biaya yang dibutuhkan. Rasionalisasi ini harus dijelaskan kepada anda secara rinci. Anda patut mempertanyakan profesionalitas jasa SEO yang memberlakukan sistem harga ‘gelondongan’.

Selain itu, kata kunci yang anda sasar juga menentukan harga yang harus dibayar. Untuk kata-kata kunci populer, tingkat persaingan pastinya lebih tinggi. Perhatikan simulasi berikut:
Misalnya:
Anda menyasar kata kunci “hijab Syar’i”, tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut pastinya sangat tinggi. Bisa jadi, ratusan atau bahkan ribuan usaha yang sama menyasar kata kunci tersebut. Tentunya, upaya yang harus dilakukan jasa SEO untuk meningkatkan popularitas toko online anda di mesin pencari.

Sebaliknya, jika anda menyasar “hijab Syar’i Surabaya” sebagai contoh, maka lingkup pencarian oleh Google akan dibatasi pada wilayah Surabaya. Artinya, anda tidak bersaing dengan usaha yang sama di Jakarta atau kota lainnya. Untuk meningkatkan popularitas toko online anda, upayanya mungkin tidak sesulit jika anda menyasar kata-kata kunci global.

Idealnya, tarif jasa SEO untuk kata kunci “hijab Syar’i” lebih tinggi dibanding kata kunci “hijab Syar’i Surabaya.”
Nah, perhatikan lagi kebijakan harga yang digunakan jasa SEO tersebut. Apakah menggunakan rasionalisasi seperti di atas atau hanya menggunakan sistem ‘pukul rata”?

Selanjutnya, jangan tergoda dengan tawaran harga yang sangat murah. Optimasi website memerlukan keahlian khusus dan tidak semua orang bisa mempelajarinya dengan mudah. Selain itu, ada tahapan-tahapan khusus yang harus dilalui untuk meningkatkan popularitas web atau blog anda secara natural. Jadi, jika ada jasa SEO yang menawarkan harga paket murah dan jaminan hasil dalam jangka pendek, anda pantas mempertanyakan kredibilitasnya.

Sebaliknya, harga paket yang terlalu mahal tentunya akan membebani anda, bukan? Idealnya, harga paket tersebut haruslah logis, sesuai dengan upaya yang dilakukan, target popularitas web, serta masa kontrak.

4. Cek Legitimasinya
Berada di halaman pertama Search Engine Result Page (SERP), alias hasil pencarian Google, belum menjamin legitimasi sebuah jasa SEO. Memiliki banyak testomony juga bukan jaminan. Pasalnya, saat ini banyak jasa pembuat testimony palsu yang membuat seolah-olah sebuah perusahaan memiliki banyak konsumen yang puas.

Anda tentu tidak ingin menjadi korban penipuan, bukan? Beberapa tips berikut mungkin bisa membantu anda:

Periksa portofolio layanan
Jasa SEO biasanya membuat list atau daftar konsumen yang pernah mereka layani. Lakukan cek acak terhadap 1 atau 2 konsumen dalam daftar. Kunjungi website konsumen tersebut. Biasanya, tersedia footer atau catatan kaki yang menunjukkan lisensi jasa optimasi web tersebut.

Memiliki Contact yang dapat dihubungi
Lakukan ujicoba contact yang ada di halaman website Jasa SEO untuk memeriksa apakah nomor tersebut selalu ada untuk menerima pertanyaan maupun keluhan dari konsumen.

Memiliki alamat kantor
Sebisa mungkin, minta tag lokasi kantornya pada Google Map. Dengan demikian, jika terdapat masalah di kemudian hari, anda tahu kemana untuk mengajukan komplain.

Usia agensi
Sebenarnya, sebuah agensi bisa saja membuat-buat informasi tentang usia dan jumlah konsumen yang pernah dilayani. Anda bisa membuktikannya dengan melihat informasi tersebut di bagian bawah halaman web.

Akun Media Sosial yang jelas dan bisa dihubungi
Biasanya, halaman bisnis di media sosial dapat digunakan untuk bertukar informasi, pengalaman, pertanyaan, maupun keluhan terkait terkait agensi tersebut.

Opini positif di forum online atau halaman medsos
Cek opini pengguna di forum-forum online seperti Reddit. Anda bisa bergabung di forum online dan meminta masukan pengguna lain tentang jasa SEO yang anda tuju.

5. Cek Syarat dan Ketentuan
Terakhir, syarat dan ketentuan yang diberlakukan agensi SEO haruslah jelas dan transparan. Misalnya, harus ada kesepakatan tentang hal-hal berikut:

Garansi. jika target untuk masuk di halaman pertama SERP tidak tercapai pada saat kontrak berakhir. Misalnya, jika dalam masa kontrak website anda masih belum masuk halaman pertama, bisa saja kontrak diperpanjang tanpa biaya tambahan.

Masa kontrak. Ada jasa SEO yang menawarkan kontrak tahunan, triwulanan, atau bahkan bulanan. Sebaiknya, pelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing terlebih dahulu.

Ketentuan tentang hal apa saja yang boleh atau tidak boleh dilakukan kedua belah pihak selama masa kontrak. Misalnya, pastikan ada kesepakatan bahwa anda berhak mendapat laporan SEO pada periode tertentu, misalnya, setiap 2 minggu atau setiap bulan.

Kesepakatan tentang teknik SEO yang digunakan. Apakah menggunakan SEO On-Page, SEO Off-Page, atau gabungan dari keduanya?

Kesepakatan tentang mekanisme komunikasi antara anda sebagai konsumen dengan agensi SEO sebagai produsen.

Kesepakatan tentang kebijakan pembatalan. Sebagai contoh, jika kesepakatannya adalah menggunakan teknik SEO On_Page, dan ternyata anda menemukan teknik lain, seperti penggunaan software di luar ketentuan, anda bisa saja membatalkan kontrak dan meminta ganti rugi.

Mengapa Memilih Jasa SEO Profesional itu Penting?
Seperti disinggung di atas, persaingan bisnis yang semakin ketat mengharuskan anda untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen, bukan hanya di kota anda, namun juga secara global.

Website atau blog yang dikelola secara profesional adalah tool marketing yang sangat ampuh untuk meningkatkan eksistensi usaha anda. Jika web atau blog anda berada di halaman pertama mesin pencari, maka:

Traffic atau lalu lintas website lebih tinggi. Semakin tinggi traffic ke website anda, semakin tinggi popularitas usaha anda. Dalam minggu-minggu pertama menggunakan jasa SEO, biasanya hasilnya belum begitu terlihat. Anda justru harus waspada jika kunjungan di web anda tiba-tiba melonjak padahal kontrak dengan jasa SEO baru berlangsung selama beberapa hari. Bisa saja pengunjung yang masuk adalah akun fake alias palsu.

Content yang berkualitas di web atau blog membuat durasi kunjungan lebih lama, karena pengunjung penasaran untuk menjelajahi halaman atau content Content berkualitas biasanya didapat dari agensi yang menggunakan layanan SEO On-Page.

Website yang profesional meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis anda. Jadi, kemungkinan transaksi lebih tinggi. Lebih banyak transaksi tentunya berpengaruh terhadap peluang anda untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Website yang profesional mengurangi biaya pemasaran. Website yang dikelola dengan baik adalah alat marketing yang ampuh dan bisa dilihat dari seluruh dunia. Untuk itu, anda hanya perlu membayar biaya domain tahunan dan pemeliharaan. Jika dibandingkan dengan biaya iklan TV atau iklan di majalah, biaya marketing melalui web jauh lebih mudah.

Dalam jangka panjang, optimasi web yang baik akan berimbas positif terhadap profitabilitas usaha anda. Sebaliknya, jika anda menggunakan jasa SEO yang menyediakan layanan instan, ada beberapa resiko yang mengancam web atau blog anda:

Layanan SEO instan biasanya tidak menawarkan hasil yang tahan lama. Mungkin, selama masa kontrak, popularitas website anda meningkat, namun akan turun terus-menerus setelah masa kontrak berakhir. Akibatnya, anda akan tergantung kepada jasa optimasi web tersebut.

Layanan SEO instan biasanya menggunakan ‘teknik khusus’ yang mungkin tidak disukai Google. Bisa saja, backlink yang dihasilkan tidak natural. Atau, bisa juga jasa SEO tersebut menggunakan aplikasi khusus. Jika Google mendeteksi kecurangan seperti ini, bisa saja web atau blog anda di de-Index atau bahkan dimasukkan dalam daftar hitam.

Perlu dingat, bahwa memilih jasa SEO profesional dan terbaik adalah sebuah keharusan. Website yang anda bangun dengan modal tidak sedikit tentunya harus  bertahan dalam waktu lama sebagai marketing tool yang efektif.

Jadilah konsumen yang cerdas. Untuk membangun kemitraan jangka panjang dengan agensi yang profesional, adakalanya anda juga harus mengendalikan diri. Misalnya, jika dalam waktu 1 bulan anda belum melihat hasilnya, jangan langsung menuduh agensi tersebut tidak profesional. Komunikasi yang baik adalah kunci sukses dalam bekerja sama.

Demikian ulasan diatas tentang tips memilih jasa Seo profesional untuk sebuah website bisnis anda, Semoga beberapa tips di atas bermanfaat bagi anda dan sukses selalu.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel