Cara Gampang Menambahkan RAM Pada Latop

Menambahkan kapasitas RAM pada laptop bukanlah hal yang mudah dilakukan oleh setiap orang, karena harus memiliki keahlian dalam melakukan proses tersebut. Jika kamu merasa laptop kamu mulai lemot performanya, maka sebaiknya jangan langsung menerima kondisi tersebut begitu saja. Sungguh sangat mungkin jika kamu menambah RAM laptop, maka kamu akan mendapatkan dorongan performa yang membantumu melakukan kegiatan komputasi dengan lebih baik.

Akan tetapi apakah laptop kamu mendukung pemasangan RAM tambahan? Tergantung. Desain laptop sangatlah variatif, termasuk juga komponen-komponen yang dapat diakses dan juga ditambahkan. Karena tidak semua laptop dirancang dengan desain dan fitur yang sama.

Cara menambah RAM laptop memang membutuhkan perangkat khusus. Selain rumit, RAM juga merupakan komponen penting di laptop.

RAM yang merupakan singkatan dari Random Access Memori ini menggunakan media penyimpanan data saat laptop sedang digunakan.Semakin kecil kapasitas RAM kita, akan dibutuhkan pada kinerja laptop.

Namun jangan khawatir, tambahkan saja laptop laptop yang memerlukan peralatan khusus, namun hal ini juga bisa kita lakukan sendiri dengan beberapa cara yang akan dibahas dalam artikel ini.


Cara Menambah RAM di Laptop
Sebenarnya cara menambah RAM di laptop sangat mudah jika kamu paham betul langkah langkah yang harus dilakukan. Kita hanya tinggal membuka casing lalu menambahkan atau mengizinkan RAM yang kita inginkan.

Pasalnya, menambah RAM perlu alat-alat khusus, terutama untuk membongkar laptop dan menambah RAM.

Namun, ternyata cara menambah RAM di laptop tidak sesulit yang kita lakukan karena ada banyak pilihan untuk dilakukan.


1. Cara Menambah RAM Laptop di Slot (Fisik)

Membongkar RAM Laptop 
Cara ini dilakukan dengan membongkar casing laptop dan mengganti atau menambah RAM yang sesuai keinginan. Pertama-tama, slot slot RAM harus dipasang. Ada slot RAM yang disolder dan ada juga yang tidak disolder.

Jika disolder, kita harus membuka solder tersebut. Jika tidak, kita akan lebih mudah tinggal mencopotnya. Slot khusus ada di tempat pemasangan RAM. Hal yang disarankan untuk menambah RAM jika dirasa masih kurang.

Cara menambah RAM di laptop ini memang agak sulit. Kita harus mengetahui bagaimana bentuk RAM dan membahas di sebelah mana. Setelah RAM ditambahkan terpasang, kita harus memeriksa kompatibilitas laptop, dan jumlah maksimum RAM yang bisa dipasang di laptop.


Jenis dan Transfer Rate RAM 
Jangan lupa untuk menentukan jenis RAM yang akan kita pasang pada laptop, seperti DDR2, DDR3, DDR4 dan lain-lain. Mengetahui jenis RAM ini penting agar kita tidak salah membeli RAM yang sesuai.

Selanjutnya, kita harus menentukan transfer rate- nya. Biasanya transfer rate -nya bertuliskan kode C 12800, PC 10600, dan PC 5600, dan seterusnya. Semakin besar angkanya, maka performanya lebih tinggi.

Hal lain yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan adalah membeli merek yang sama dengan RAM yang kita gunakan. Hal ini akan semakin memudahkan penyelarasan dengan kinerja RAM sebelumnya.


2. Cara Menambah RAM Laptop Virtual (Non-Fisik)

RAM Virtual Memory
Jika menambahkan RAM secara fisik di atas dirasa cukup sulit, ada satu cara lain yaitu dengan cara menambahkan RAM melalui memori virtual . Memori virtual ini menggunakan kita kapasitas Penyimpanan dari harddisk kita untuk penggunaan RAM.

Kita juga dapat melakukan cara menambah RAM laptop Windows 10. Memori virtual ini merupakan memori 'pinjaman' dari harddisk untuk membantu peningkatan RAM. Tapi di sisi lain, kapasitas harddisk laptop kita juga akan berkurang.

Cara menambah RAM laptop Windows 10 atau memori virtual dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. Pertama kita buka Windows Explorer , lalu klik kanan pada My Computer dan pilih Properties . Kemudian pilih opsi Pengaturan Sistem Lanjutan yang ada di kolom sebelah kiri.


Langkah Pasang Memori Virtual
Selanjutnya beralih ke tab Tingkat lanjut lalu klik tombol Pengaturan yang ada di bawah kategori Pertunjukan . Setelah itu, kita beralih lagi ke tab Tingkat lanjut dan lalu klik tombol Ubah di bawah kategori Memori Virtual .

Jangan lupa hilangkan ceklis pada opsi 'Kelola Ukuran File Paging secara Otomatis untuk Semua Driver' . Pilih partisi yang akan digunakan untuk memori virtual dan masukan jumlah memori virtual yang ingin digunakan. Contohnya 4000 MB untuk ukuran awal dan 8000 MB untuk ukuran maksimum . Setelah itu klik tombol OK lalu restart laptop kita.

3. Cara Menambah RAM Laptop Menggunakan ReadyBoost

Cara Membaca RAM dengan ReadyBoost 
Ini adalah cara menambah RAM laptop dengan flashdisk . ReadyBoost membutuhkan flashdisk atau penyimpanan eksternal. Jika virtual memory menghabiskan kapasitas harddisk , maka ReadyBoost transfer kapasitas flashdisk dan SD Card.

Cara menambah RAM laptop dengan flashdisk ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah. Pertama, hubungkan USB flashdisk ke laptop dan akan muncul AutoPlay , kita pilih opsi Speed Up My System . Jika AutoPlay tidak muncul, kita klik kanan pada flashdisk dan pilih Properties .

Setelah Properties muncul, kita beralih ke tab ReadyBoost . Jika kita ingin menggunakan semua kapasitas flashdisk untuk ReadyBoost, pilih opsi 'Dedikasikan Perangkat Ini ke ReadyBoost' . Jika kita hanya ingin menggunakan sebagian kapasitas saja, pilih opsi 'Gunakan Perangkat Ini' lalu masukan kapasitas yang diinginkan. Lalu klik tombol OK .


Penjelasan di atas merupakan cara menambah RAM laptop yang bisa kita lakukan sendiri dan sederhana. Namun, jika dirasa kita tidak yakin akan mampu melakukan di atas, kita bisa ke pusat layanan laptop untuk menambahkan RAM di laptop kita.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Cara Gampang Menambahkan RAM Pada Latop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel