Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Hangus atau Terblokir

Mungkin anda pernah mengalami atau pernah punya kartu HP yang sudah lama tidak digunakan dan kartu tersebut mati (non aktif), Pada kesempatan kali ini draplan akan share beberapa trik bagaimana cara untuk mengaktifkan kembali kartu Telkomsel yang sudah mati dan terblokir karena habis atau dalam masa tenggang yang disebabkan karena tidak isi pulsa maupun karena sebab lain seperti di blokir ataupun kartu yang kita miliki hilang lupa menyimpan kartu tersebut.

Pada dasarnya semua pihak provider atau operator seluler memang memberikan layanan dimana pengguna bisa menggunakan nomor yang sudah lama, bahkan bisa juga kita ganti kartu namun dengan nomor yang sama. Sebelum Draplan bahas tentang cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah hangus agar kembali dapat di gunakan. Alangkah baiknya anda mengetahui dulu ciri ciri kartu Telkomsel hangus dan terblokir.


Ciri Ciri Kartu Telkomsel Hangus dan Terblokir
Sebelum membahas bagaimana untuk proses pengaktifkannya, disini draplan akan kasih tahu dulu apa sih ciri ciri kartu yang sudah lama tidak aktif atau hangus? Berikut diantaranya:

  1. Muncul keterangan SIM Card tidak dikenal atau Kode MMI Tidak Valid
  2. Tidak bisa nelpon ke Nomor lain.
  3. SMS Tidak pernah terkirim.
  4. No Internet access.
  5. Kartu SIM Tidak terdeteksi meskipun sudah dimasukkan.

Jika anda mengalami hal hal seperti diatas, bisa dipastikan kalau ternyata kartu Hp anda memang sudah terblokir.
Tidak hanya kartu lama sekarang kartu perdana yang masih baru pun bisa saja terblokir alias hangus jika anda tidak melakukan proses registrasi ulang prabayar dengan memakai data NIK dan KK.

Untuk  mengaktifkannya kembali cukup registrasi pakai NIK dan KK saja, nanti otomatis akan aktif kembali. Beda lagi kalau akibat melewati batas masa tenggang, karena hilang atau kartu rusak, sudah pasti anda harus melakukan cara dibawah ini:

Melakukan Tanpa ke Grapari
Kalau di operator seperti Axis, Indosat maupun 3 dan X, anda wajib datang keservice center masing masing, namun di Telkomsel ada lho trik agar kita tetap bisa melakukan pengaktifan kembali nomor kartu Telkomsel tanpa harus datang ke grapari (service center Telkomsel).

Namun trik ini tidak 100% berhasil, tapi tidak ada salahnya mencoba, apalagi untuk anda yang rumahnya jauh dari lokasi pusat grapari pasti bakalan Ribet karena memakan waktu yang Lumayan lama. Daripada langsung datang jauh jauh, coba cara ini dulu.

  1. Gunakan kartu Telkomsel yang sudah tidak aktif atau hangus di Modem.
  2. Sambungkan ke laptop atau PC.
  3. Caranya, anda bisa menggunakan aplikasi modem seperti Mobile Partner dan lainnya.
  4. Lalu pilih menu Tools, Option dan Network di aplikasi modem tersebut.
  5. Langkah berikutnya adalah klk Menu Regitrasion Mode, Manual dan Search Register.
  6. Silakan lakukan registrasi.


Skarang anda bisa cek, apakah ada sinyal atau jaringan yang muncul pada keterangan sinyal di laptop anda atau tidak. Jika iya, langsung masukkan SIM card tadi ke HP.
Terakhir, buka menu panggilan ponsel dan ketikkan *806# Telkomsel. 806 merupakan akses untuk membeli atau memperpanjang masa aktif Kartu Telkomsel yang sudah hangus dan mati sebelumnya.

Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Terblokir ke Grapari
Bagaimana jika gagal? Tidak ada cara lain, terpaksa anda harus datang langsung ke GraPari.
Silakan anda cari tahu dulu dimana lokasi terdekat Grapari Telkomsel di daerah anda.


  1. Anda cukup membawa KTP dan SIM Card saja lalu datang ke Grapari, langsung konsultasi ke CS nya sana dan minta pengajuan reaktivasi kartu atau SIM CARD Telkomsel yang hangus, hilang atau rusak.
  2. Anda bisa meminta kartu diaktifkan lagi.
  3. Atau ganti kartu namun dengan nomor yang sama (jika kasusnya hilang).
  4. Untuk biaya, nanti dikenakan sekitar 30 Ribuan kalau tidak salah, dan anda juga wajib isi ulang pulsa langsung di Grapari minimal 25 Ribuan (Bisa kurang bisa lebih sih, hehehe).
  5. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai proses aktivasi ulang kartu Telkomsel, diantara lain:

Apabila kartu hangus karena habis melewati masa tenggang, pastikan tidak lebih dari 2 bulan lewat dari masa tenggang.
Terkadang CS Telkomsel tidak bisa menuruti kemauan anda untuk mengganti kartu, biasanya justru anda disuruh untuk beralih ke pascabayar (Halo).N

Cara Membeli Masa Aktif Telkomsel

  1. Jika *806# Telkomsel tidak bisa digunakan, ada langkah lain untuk menambah masa aktif yakni dengan akses *999#.
  2. Lalu anda bisa pilih paket lain.
  3. Pilih menu lainnya.
  4. Klik dan pilih layanan lain.
  5. Lalu terakhir pilih paket masa aktif.
  6. Nantinya ada biaya yang harus di tanggung untuk perpanjang.

Catatan: 999 hanya untuk pelanggan Simpati, untuk kartu AS Admin sendiri belum tahu caranya, namun kalau admin sendiri biasanya cukup lakukan isi ulang pulsa reguler saja, nanti otomatis masa berlaku akan bertambah seiring banyaknya pulsa yang kita beli.
Hubungi Call Center Telkomsel
Terakhir, sebagai alternatif apabila semua cara diatas mungkin sulit dilakukan karena jarak yang jauh ke lokasi grapari, ada cara mengaktifkan karktu Telkomsel yang sudah mati 2019 yakni dengan terlebih dahulu konfirmasi dan menanyakan perihal langkah pengaktifan ulang nomor Telkomsel ke Call Cnter Telkomsel, saya rekomendasikan lewat Twitter saja jangan via FB karena biasanya yang balas itu BOT.
Biasanya kalau via Twitter jauh lebih cepat responnya.

Demikianlah artikel Draplan berikam tentang beberapa cara aktifkan kartu Telkomsel yang hangus dan terblokir. Semoga membantu!. Namun yang perlu diperhatikan, tidak semua gerai Grapari bisa melayani untuk pengaktifan kembali kartu atau nomor Telkomsel yang sudah kadaluarsa karena berbagai alasan.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Hangus atau Terblokir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel