Inilah, 5 Tempat Pinjaman Tanpa Riba & Bunga

Modal merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Tanpa modal, bisnis tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Mulai dari bisnis yang besar maupun bisnis yang kecil pun membutuhkan modal untuk menjalankan bisnisnya.

Untuk menjalankan usaha atau bisnis tentunya tidak lepas dari yang namanya modal karena tanpa modal usaha yang di jalankannya sulit rasanya untuk berkembang. Pernah terpikir ingin membangun bisnis tanpa modal? Ingin pinjam tanpa bunga? Mungkin anda akan menjawab “ga bakalan ada”. Namun saya bakalan jawab ada.

Berikut ini, lima jenis pinjaman tanpa bunga yang bisa jadi alternatif saat tengah terjepit perlu modal untuk usaha.


5 tempat pinjaman tanpa riba & bunga

• Perbankan syariah
Cara pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan pinjaman pada bank syariah. Dengan memanfaatkan fasilitas bank syariah, tidak akan dibebankan sistem bunga yang dapat berfluktuasi. Bank syariah menggunakan sistem kemitraan dalam bentuk bagi hasil. Disamping itu, perbankan syariah juga menerapkan bagi risiko.

Berbeda dengan sistem konvensional yang mana pihak nasabah sepenuhnya memegang tanggung jawab apabila tidak dapat mengembalikan pinjaman. Sehingga melakukan pinjaman pada bank syariah halal dan lebih aman ketimbang melakukan pinjaman pada bank konvensional.

• Pinjaman Online
Saat ini sudah berkembang lembaga keuangan baik bank maupun non bank yang memberikan pinjaman syariah online bebas bunga. Salah satu sistem pinjaman syariah secara online yang mulai terkenal adalah Peer to Peer (P2P) lending berbasis syariah. P2P lending ini akan mempertemukan pemberi dan penerima pinjaman.

Pemberi pinjaman mendapat untung bukan dari beban bunga melainkan atas biaya sewa atau manfaat atas barang jasa yang digunakan. Sudah cukup banyak P2P lending syariah yang berkembang di Indonesia sebut saja, Investree, Qazwa.id, Alamisharia.

• Dari Orang terdekat
Meminjam pada orang terdekat seperti keluarga, teman dekat, sahabat, atau saudara tentu saja jadi cara termudah yang dapat dilakukan. Mereka akan mengerti kondisi kita dan tentu saja mau membantu.

Namun saat menggunakan cara ini, Uang yang mungkin mereka berikan biasanya terbatas karena mereka juga orang biasa biasa saja yang boleh jadi punya masalah finansial tidak jauh beda dengan kita. Yang penting, jangan sampai lupa atau malah sengaja tidak mengembalikannya karena akan menghilangkan kepercayaan atau bahkan memutus silaturahmi.

• Pegadaian Syariah
Meskipun sama sama bisa menggadaikan barang sebagai jaminan untuk memperoleh dana pinjaman, namun ada perbedaan yang jelas antara pegadaian konvensional dengan syariah.

Pegadaian syariah tidak mengambil keuntungan dalam bentuk bunga yang dapat berlipat ganda ataupun bagi hasil, tetapi berupa upah jasa pemeliharaan atas barang jaminan yang digadaikan.

Gadai syariah umumnya menggunakan akad rahn yang artinya menahan harta milik si peminjam sebagai jaminan atas pinjaman yang diberikan. Sehingga akad rahn juga dimaksudkan perjanjian untuk tolong menolong antar sesama.

• Kartu kredit
Dengan menggunakan kartu kredit biasa, sebenarnya pinjaman tanpa riba yang kita dapatkan bisa saja tanpa bunga asalkan dibayar sebelum jatuh tempo. Hanya saja, peluang mengembalikan pinjaman dalam tempo singkat sangatlah kecil.

Agar lebih aman, bisa memakai kartu kredit syariah. Tidak perlu khawatir, seluruh peraturan kartu kredit syariah sudah tercakup dalam ketentuan umum fatwa DSN-MUI No. 54/DSN-MUI/X/2006, tentang kartu kredit syariah.

Kartu kredit syariah sendiri mulai ada di Indonesia sejak 2006 lalu. Dengan tidak mengaplikasikan sistem riba, pengguna kartu kredit diminta membayar iuran anggota sebagai imbalan izin untuk menggunakan kartu.

Besaran iuran tersebut disesuaikan pada bank syariah yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Tentu saja kartu kredit syariah juga hanya dapat digunakan untuk membeli barang jasa yang halal dan tidak mengandung riba.

Nah itulah beberapa informasi untuk Anda yang ingin mencari pinjaman tanpa riba & bunga, sehingga semua kegiatan yang dilakukan dengan uang pinjaman bisa mendapat berkah.
Cukup sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat !

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel