5 Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur Bagi Tubuh Manusia

Indonesia merupakan negara tropis yang kaya akan ragam bahan pangan hayati. Dengan Kekayaan ini menjadikan masyarakat Indonesia dapat mengonsumsi makanan-makanan tersebut dengan mudah karena hampir di sepanjang waktu dapat menemukan bahan pangan yang beraneka ragam, termasuk di dalamnya aneka sayur dan buah. Sayur hampir di sepanjang waktu dapat tumbuh, sehingga tidak mengganggu persediaan sayur.

Buah dan sayur merupakan tumbuhan yang mudah rusak. Kerusakan ini relatif tinggi terutama di negara berkembang, yaitu antara 30%-50%. Kerusakan ini terjadi karena pemahaman tentang penanganan pasca panen bagi kebanyakan petani belum memadai akibat dukungan teknologi perawatan bahan pangan nabati yang belum memungkinkan. Sebenarnya hal tersebut dapat diminimalisir dengan memperhatikan suhu penyimpanannya

Perlu anda ketahui pula bahwa buah dan sayur merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang penting untuk tubuh. Terutama sayur dan buah-buahan yang berwarna, karena mengandung banyak vitamin dan antioksidan.

Apa aja sih manfaat konsumsi buah dan sayur?



Berikut 5 manfaat konsumsi buah dan sayur bagi tubuh manusia

  1. Menjaga metabolisme tubuh.
  2. Membantu menangkal senyawa & radikal bebas yg bisa menurunkan kondisi tubuh.
  3. Menjaga kenormalan kolesterol, tekanan darah, kadar gula dan melancarkan pencernaan.
  4. Membantu mengatasi obesitas.
  5. Mencegah & mengobati kanker.


Untuk balita dan anak usia sekolah dianjurkan konsumsi buah dan sayur sebanyak 300-400 gram per hari, sedangkan remaja dan orang dewasa 400-600 gram per hari. Sekitar 2/3 anjuran konsumsi tersebut adalah porsi sayur.

Konsumsi buah yang sangat manis dan tinggi serat sebaiknya dibatasi, karena buah jenis tersebut mengandung fruktosa dan glukosa yang tinggi. Jika konsumsi fruktosa dan glukosa tinggi berpotensi meningkatkan kadar gula darah.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel