Kumpulan Kata-Kata Mutiara Islam Sebagai Penyejuk Hati

Draplan.com - Dalam menjalani hidup, tentu bukan hanya kebahagiaan yang dirasakan manusia. Sering kali masalah tiba-tiba datang dan membuat perasaan gundah gulana. Nah, kalau kamu seorang muslim yang sedang galau karena diterpa masalah kehidupan, barangkali kata-kata mutiara Islam berikut bisa menenangkan hatimu.

Tidak akan ada satupun orang yang ingin merasa sedih. Namun terkadang, ada saja masalah yang datang tanpa permisi dan membuat hari-hari menjadi suram. Dalam kondisi seperti itu, mungkin kutipan motivasi seperti kata-kata mutiara Islam bisa membangkitkan semangat maupun sekadar meredakan kegundahan.

Risalah Tuhan dan perkataan orang-orang saleh dengan kebijaksanaan luar biasa bisa menghadirkan kekuatan tersendiri bagi yang mempercayainya. Masalah apa pun yang sedang dihadapi jadi terasa kecil dan tak ada artinya karena ada Allah yang selalu ada untuk hamba-Nya.

Orang-orang beriman yakin, bahwa masalah merupakan bentuk ujian dari-Nya. Barang siapa bersabar dalam ujian tersebut, maka akan mendapat kedudukan yang lebih tinggi lagi di sisi Allah. Namun, sebagai manusia biasa, rasanya wajar saja jika perasaan sedih menyelip dalam hati ketika ditimpa cobaan yang begitu berat.

Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang gundah dan membutuhkan kata-kata bijak mutiara Islam bermakna mendalam, kamu datang ke tempat yang tepat! Temukan kutipan favoritmu di antara 30 kutipan di bawah ini, siapa tahu bisa menenangkan hati atau memberikan semangat baru bagimu. Selamat membaca!

Bijak Mutiara Islam Penambah Semangat Hidup


1. Balas Dendam Terbaik
"Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. "
Ali bin Abi Thalib
Sejak kamu dilahirkan sampai saat ini, mungkin kamu telah mengenal ratusan atau bahkan ribuan orang. Dari semua orang yang kamu kenal, barangkali ada orang-orang yang senang menghinamu baik secara terang-terangan maupun menggunjing dari belakang.

Rasa sakit hati yang menumpuk akibat hinaan orang-orang bisa saja menimbulkan rasa dendam di hati. Namun, daripada membalas dengan cara yang salah, alangkah baiknya jika kamu berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan membuktikan bahwa hinaan-hinaan yang mereka lontarkan itu tidak benar.

2. Kembali dalam Bentuk Lain
"Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain. "Jalaludin Rumi
Tidak ada manusia yang tidak pernah kehilangan. Di saat merasa kehilangan, tak jarang orang menjadi terpuruk dalam kesedihan yang mendalam.

Nah, jika kamu sedang berduka akibat kehilangan sesuatu, maka kata-kata bijak bernuansa Islam yang satu ini sangat cocok untukmu. Sesuatu yang hilang itu bisa saja justru digantikan dengan yang lebih baik.

3. Kemudahan Bersama Kesulitan
"Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan."QS Al Insyirah 5
Dalam menjalani kehidupan, mungkin kamu sering kali merasakan yang namanya kesulitan. Entah kesulitan ekonomi, kesulitan mendapatkan jodoh, kesulitan menyelesaikan pendidikan, dan lain-lain.

Namun, jangan sampai hal-hal tersebut membuatmu merasa putus asa. Karena Allah telah menjanjikan, pada tiap-tiap kesulitan, maka ada kemudahan yang menyertainya. Asalkan, kamu tak berhenti berdoa dan berusaha.

4. Berpikir Positif
"Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu."Ali bin Abi Thalib
Jalan hidup manusia berbeda-beda. Ada yang datar saja dengan masalah-masalah yang tidak seberapa. Namun, ada juga yang ditempa dengan masalah-masalah yang teramat berat.

Ketika menjalani kehidupan yang jalannya ekstem bagaikan lintasan roller coaster, yang bisa kamu lakukan adalah terus berpikiran positif. Hal itu akan membantumu untuk mendapatkan jalan keluar terbaik.

5. Selalu Bersama Kita
"Janganlah kamu berduka cita, sesungguhnya Allah selalu bersama kita."QS At Taubah 40
Kesedihan adalah perasaan yang wajar dialami oleh manusia. Mendapati sebuah masalah yang begitu berat atau kehilangan sesuatu yang begitu berarti sering kali membuat seseorang terlarut dalam duka yang mendalam.

Apabila kamu juga sedang merasakan hal demikian, mungkin kata-kata bijak mutiara Islam yang dikutip dari ayat Alquran di atas bisa memberikan suntikan semangat bagimu. Ingatlah bahwa Allah selalu bersamamu.

Kata Bijak Motivasi Islami tentang Kehidupan


1. Jangan Menjelaskan tentang Dirimu
"Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena  menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu."
Ali bin Abi Thalib
Adalah suatu kemustahilan bahwa semua orang yang kita kenal selama hidup menyukai kita. Bahkan, orang dengan hati semulia Nabi Muhammad SAW pun ada saja yang tidak menyukai, apalagi kita yang memiliki banyak kekurangan.

Namun, adakalanya mereka membenci bukan karena kekurangan kita, melainkan karena merasa iri dan dengki. Jika sudah begitu, maka perilaku baikmu pun akan terasa salah di mata mereka. Oleh karenanya, teruslah berbuat baik tanpa harus memedulikan komentar orang lain.

2. Garam Kehidupan
"Air mata berasa asin itu karena air mata adalah garam kehidupan."Buya Hamka
Ketika merasakan kesusahan, tak jarang orang mengeluarkan air mata untuk mengekspresikan perasaan. Namun bagi sebagian orang lain, air mata yang jatuh bisa sekaligus mengurangi rasa sakit di hati.

Kamu sedang memiliki masalah yang menimbulkan perasaan sesak? Menangislah jika itu bisa membuatmu merasa lega. Selanjutnya, kamu bisa mengambil hikmah dari air mata yang tertumpah. Rasanya yang asin merupakan bukti bahwa duka adalah garam dalam kehidupan. Tanpa hal tersebut, mungkin hidupmu akan terasa hampa.

3. Keluarga Sakinah
"Keluarga sakinah bukan keluarga yang tanpa masalah, tapi mereka terampil mengelola konflik menjadi buah yang penuh hikmah."Abdullah Gymnastiar
Kamu sudah berumah tangga? Merasa jengkel karena batu-batu sandungan selalu hadir dalam perjalanan hidupmu bersama pasangan? Jika ya, maka kata-kata bijak Islam dari dai yang terkenal dengan nama Aa Gym tersebut barangkali bisa menenangkan hatimu.

Tidaklah mungkin bahtera rumah tangga berlayar tanpa terserang badai. Yang harus kamu lakukan ketika itu terjadi adalah menghadapinya dengan sabar bersama pasangan dan berusaha mengambil hikmah dari adanya cobaan tersebut.

4. Suka Menyalahkan
"Kita adalah makhluk yang suka menyalahkan dari luar, tidak menyadari bahwa masalah biasanya dari dalam."
Abu Hamid Al Ghazali
Saat sedang mengalami kesusahan, mungkin kamu akan menyalahkan orang-orang di sekitarmu. Kamu menuduh mereka sebagai penyebab masalah tersebut muncul.

Bahkan, barangkali kamu juga menyalahkan Allah karena telah memberimu ujian yang demikian berat. Padahal, bisa jadi kesusahan yang sedang kamu alami merupakan akibat dari kesalahanmu sendiri, hanya saja mungkin kamu tidak menyadarinya karena hatimu terselimuti ego yang tinggi.

5. Ibarat Bayangan
"Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu."Ibnu Qayyim Al Jauziyyah
Kelebihan harta tak bisa dipungkiri merupakan hal yang teramat menarik bagi manusia. Untuk mendapatkan harta yang banyak, tak jarang orang-orang bekerja terlalu keras hingga melupakan ibadah.

Padahal seperti kata-kata motivasi di atas, asalkan kerja yang kamu lakukan tulus dan tanpa meninggalkan ibadah, maka dunialah yang akan mengikutimu. Seperti bayangan yang mengikuti di belakang kemana pun kamu pergi.

Kata-Kata Mutiara Islam tentang Cinta


1. Orang Baik Hanya untuk yang Baik
"Wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula."QS An Nuur 26
Kehilangan orang yang dicintai selalu meninggalkan rasa sakit. Apa pun alasannya pergi, tetap saja menyisakan goresan mendalam di hati.

Namun, jika kamu merasa sudah melakukan hal terbaik untuknya tapi dia tetap berkeras untuk pergi, barangkali kutipan ayat di atas bisa memberikan semangat bagimu. Mungkin dia memang tidak baik dan Allah akan menggantikannya dengan seseorang yang pantas untukmu.

2. Karena Agamamu
"Aku mencintaimu karena agama yang ada padamu. Jika kau hilangkan agama dalam dirimu, maka hilanglah cintaku padamu."Imam An Nawawi
Hubungan dalam Islam hendaknya didasari oleh rasa cinta kepada Allah. Orang yang mencintai Allah dengan sepenuh hati akan menarik lawan jenis yang juga mencintai Allah sehingga bisa bersama-sama menggapai rida Allah dalam hubungan yang halal.

Namun, ketika keimanan luntur atau bahkan agama tergadaikan, maka tak ada lagi alasan untuk bersama. Karena, tujuan pernikahan adalah semata-mata untuk beribadah kepada Sang Pencipta.

3. Cinta adalah Penguat Hati
"Cinta bukan melemahkan hati, bukan membawa putus asa, bukan menimbulkan tangis sedu sedan. Tetapi cinta menghidupkan pengharapan, menguatkan hati dalam perjuangan menempuh onak dan duri penghidupan."Buya Hamka
Banyak orang yang mengartikan cinta sebagai pembawa rasa sakit dan keputusasaan. Tak jarang, cinta juga dianggap sebagai alasan melemahnya kekuatan hati.

Padahal, dengan cintalah harapan bisa terus bertumbuh. Dengannya pula, seseorang bisa tetap kuat menjalani ujian hidup yang melanda meski bertubi-tubi.

4. Tak Pernah Meminta untuk Menanti
"Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan."Salim A. Fillah
Saat ini ada banyak sekali laki-laki yang mengaku mencintai seorang wanita. Namun, ia meminta wanitanya untuk menunggu selama tiga, empat, atau bahkan lima tahun untuk bisa bersanding di pelaminan. Padahal jika benar-benar serius, dia tidak akan meminta pujaan hatinya menunggu selama itu.

Dengan penuh keberanian dia akan segera meminangnya, tapi jika belum mampu, maka akan merelakannya untuk bersanding dengan lelaki lain. Karena laki-laki itu tahu bahwa sang wanita tidak pantas untuk digantungkan tanpa kepastian.

5. Bisa Meninggalkanmu
"Jangan mencintai orang yang tidak mencintai Allah. Jika mereka bisa meninggalkan Allah, maka mereka juga akan meninggalkanmu."Imam Asy Syafi’i
Terkadang seseorang bisa jatuh cinta karena terpikat pada kerupawanan wajah, kelembutan sikap, atau bahkan banyaknya harta. Akan tetapi, sebaik-baik rasa cinta adalah yang karena Allah.

Apa jadinya nanti jika kamu mencintai seseorang yang tidak mencintai Allah? Tuhan yang menciptakan dirinya dan memberi banyak nikmat saja ditinggalkannya, apalagi kamu.

Kata-Kata Bijak Mutiara Islam tentang Ilmu


1. Ilmu dan Iman
"Iman tanpa ilmu bagaikan lentera di tangan bayi. Namun ilmu tanpa iman bagaikan lentera di tangan pencuri."Buya Hamka
Sebagai seorang muslim, keimanan sudah barang tentu merupakan suatu hal yang harus tertanam dalam jiwa. Akan tetapi, iman menjadi kurang terkontrol dengan baik tanpa adanya ilmu.

Meski ilmu itu sesuatu yang ditinggikan dalam Islam, tapi tak ada artinya juga bila tanpa diiringi keimanan. Oleh karena itulah perumpamaannya seperti kata-kata mutiara bijak bernuansa Islam di atas.

2. Perbedaan Ilmu dan Harta
"Harta itu berkurang apabila dibelanjakan, tapi ilmu bertambah bila dibelanjakan."Ali bin Abi Thalib
Banyak orang yang lebih memilih harta dibandingkan ilmu. Padahal harta akan berkurang ketika kita menggunakannya, sedangkan ilmu tidak akan berkurang dan justru bisa bertambah saat kita gunakan.

Berbagi ilmu akan membuat ilmu tersebut semakin lekat di otak kita. Saat sesi diskusi pun akan ada pengetahuan-pengetahuan baru yang kita dapatkan sehingga ilmu akan bertambah.

3. Ibarat Gula
"Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya."Abdullah Gymnastiar
Orang yang memiliki ilmu selalu memiliki nilai lebih dibandingkan yang tidak berilmu. Maka dari itu, tidaklah mengherankan jika orang-orang tak berilmu banyak yang mendatangi orang berilmu untuk sekadar bertanya tentang perkara-perkara yang tidak mereka ketahui.

Hal tersebut bisa diibaratkan seperti gula yang dikerubungi semut karena manfaat yang ada padanya. Tak hanya itu, orang berilmu juga bagaikan cahaya yang menerangi diri dan sekitarnya dari gelapnya kebodohan.

4. Menjadi Bodoh Selamanya
"Barang siapa belum merasakan pahitnya belajar walau sebentar, maka akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidupnya."Imam Asy Syafi’i
Tidak ada proses pembelajaran yang terasa mudah. Untuk mendapatkan ilmu yang diinginkan, sering kali seseorang harus mengorbankan waktu maupun harta. Bahkan karena beratnya, tak jarang pula ada yang menyerah di tengah jalan.

Nah, kalau kamu adalah salah satu orang yang sedang merasakan lelahnya belajar sehingga ingin menyerah, perhatikan kata-kata mutiara Islam yang bijak di atas.

Berhentilah belajar jika ingin berhenti, tapi jangan menyesal karena selamanya kamu akan merasakan hinanya kebodohan.

5. Kelebihan Ilmu
"Menuntut ilmu adalah takwa. Menyampaikan ilmu adalah ibadah. Mengulang-ulang ilmu adalah zikir. Mencari ilmu adalah jihad."
Abu Hamid Al Ghazali
Ilmu memiliki kedudukan yang tinggi dalam agama Islam. Bukan hanya ketika proses mendapatkan ilmu, menyampaikan ilmu pun memiliki nilai pahala di sisi Allah SWT.

Oleh sebab itu, tidaklah salah jika Abu Hamid Al Ghazali, seorang ulama kenamaan dari Persia, mencetuskan kata-kata bijak mutiara Islam seperti di atas. Semua proses dalam mendapatkan maupun mengajarkan ilmu, masing-masing memberikan manfaat yang teramat besar bagi pelakunya.

Kata-Kata Bijak Bernuansa Islam agar Selalu Sabar Menghadapi Masalah


1. Berbalik Padanya
"Barang siapa menyalakan api fitnah, maka dia sendiri yang akan menjadi bahan bakarnya."Ali bin Abi Thalib
Dalam perjalanan hidup, tentunya tak hanya satu jenis masalah yang akan dirasakan manusia. Dari sekian banyak jenis masalah, difitnah orang adalah salah satu yang paling menyebalkan.

Dituduh melakukan sesuatu padahal sebenarnya tidak, terasa sangat menjengkelkan, bukan?
Akan tetapi, sebaik-baiknya sikap dalam menghadapinya adalah dengan bersabar.

Jika kamu membalas kejahatan orang lain dengan kejahatan pula, maka apa bedanya kamu dengan mereka? Fitnah merupakan salah satu perbuatan paling keji dalam Islam. Karenanya, orang yang menyalakan api fitnah akan menjadi bahan bakar api neraka.

2. Sabar dan Sholat
"Wahai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."
QS Al Baqarah 153
Saat hati terluka karena sesuatu, bersabar atasnya adalah hal yang tidak mudah. Namun bagi orang-orang yang beriman, Allah hanya menyuruhnya untuk bersabar dan tetap melaksanakan salat.

Ibadah salat itu bagaikan air penyejuk bagi api yang membakar hati, menjadikan perasaan tenang dan damai. Allah selalu bersama orang-orang yang sabar, begitulah janji-Nya yang tertera dalam surat Al Baqarah ayat 153.

3. Bersabar atas Ketetapan-Nya
"Kemampuan merasakan nikmat sabar tergantung sejauh mana keimanan kita terhadap takdir yang Allah tetapkan."
Abdullah Gymnastiar
Tidak semua orang mampu merasakan nikmatnya rasa sabar. Ikhlas menghadapi segala ujian dan cobaan dari-Nya hanya bisa dilakukan oleh orang yang beriman, begitulah kata-kata mutiara Islam yang diucapkan Aa Gym.

Seorang mukmin (orang beriman) akan meyakini bahwa kesusahan yang didapatkannya adalah bentuk kasih sayang Allah padanya. Semua adalah bagian dari takdir yang telah ditetapkan oleh-Nya.

4. Bersabar dan Memaafkan adalah Hal Utama
"Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan."
QS Asy-Syuura 43
Pernahkah kamu disakiti orang lain? Apakah kamu bisa memaafkannya begitu saja setelah itu terjadi? Jika kamu masih merasa sulit untuk memaafkan, mungkin kata-kata bijak mutiara Islam yang dikutip dari Alquran tersebut bisa membuka hatimu.

Memang tidak mudah memaafkan orang yang telah menyakiti. Namun, jika mampu melakukannya, maka kamu adalah orang yang teramat luar biasa, karena sikap sabar dan pemaaf merupakan salah satu hal yang diutamakan oleh Allah.

5. Sabar Ibarat Kepala
"Ketahuilah bahwa sabar, jika dipandang dalam permasalahan seseorang adalah ibarat kepala dari suatu tubuh. Jika kepalanya hilang maka keseluruhan tubuh itu akan membusuk. Sama halnya, jika kesabaran hilang, maka seluruh permasalahan akan rusak."
Ali bin Abi Thalib
Dalam menghadapi suatu permasalahan diperlukan sikap sabar dan tetap tenang untuk mencari jalan keluar terbaik. Tanpa kesabaran dan ketenangan, seseorang hanya akan membuat keputusan berdasarkan emosinya.

Oleh karena itu, tidaklah salah rasanya jika kesabaran diumpamakan seperti kepala. Tanpa kepala, tubuh manusia akan membusuk hingga akhirnya hancur. Begitu pun dengan sikap sabar, tanpa kesabaran maka masalah akan jadi semakin hancur akibat keputusan yang salah.

Kata-Kata Bijak Mutiara Islam untuk Menghindarkan Diri dari Rasa Iri


1. Memakan Amal Kebaikan
"Jauhilah dengki, karena dengki memakan amal kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."Nabi Muhammad SAW
Melihat tetangga membeli mobil baru, tidak senang. Mengetahui teman mendapatkan pekerjaan yang bagus, tidak senang juga.

Bahkan, mungkin setelah itu kamu mengharapkan kebahagiaan itu sirna dari hidupnya. Pernahkah kamu merasa demikian?
Inilah yang dinamakan rasa iri dan dengki.

Hati-hati, perasaan negatif itu bisa membakar amal kebaikan yang selama ini sudah kamu lakukan. Kamu tidak mau, kan, jika ibadahmu selama ini jadi sia-sia hanya karena iri dan dengki?

2. Kecantikan yang Abadi
"Kecantikan yang abadi terletak pada keelokan adab dan ketinggian ilmu seseorang. Bukan terletak pada wajah dan pakaiannya."
Buya Hamka
Mungkin memiliki wajah cantik dan baju-baju bagus adalah dambaan setiap wanita. Ke mana pun pergi ada saja orang yang memperhatikan. Namun, bagaimana jika kita ditakdirkan untuk tidak memiliki keduanya? Apakah kita akan menyalahkan Allah atas takdir yang telah digariskan untuk kita?

Tak perlu bersedih, karena seperti yang tertera pada kata-kata bijak mutiara Islam di atas, kecantikan yang abadi tercermin dalam adab dan tingginya ilmu seseorang. Semua itu akan kekal, sedangkan kecantikan maupun harta bisa saja hilang dalam sekejap.

3. Melihat Hati dan Amal
"Allah tidak melihat bentuk rupa dan harta benda kalian, tapi Dia melihat hati dan amal kalian."
Nabi Muhammad SAW
Di dunia ini, tidaklah sedikit orang yang berlomba-lomba untuk mengumpulkan harta yang banyak maupun berusaha memperindah rupa. Banyak yang beranggapan jika keduanya adalah modal utama untuk mendapatkan perhatian dan kekuasaan di antara manusia.

Padahal, tidak satu pun dari keduanya yang bermanfaat dan dibawa ketika mati. Harta akan ditinggalkan, sedangkan bentuk rupa akan hancur dan kembali menjadi tanah. Hanya hati yang baik dan amal ibadahlah yang berarti di sisi Allah.

4. Lebih Berkah
"Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak."
HR. Ahmad
Mungkin saat ini kamu sedang merasa kesal karena sekeras apa pun kamu berusaha, materi atau harta yang kamu dapatkan tidak bisa sebanyak temanmu yang bahkan tidak perlu bekerja keras. Hal itu membuatmu merasa iri sehingga berpikir bahwa Allah begitu kejam padamu.

Nah, sebelum rasa bencimu pada Sang Pencipta menjadikan kamu seorang yang kufur nikmat, simak dulu kata-kata bijak mutiara Islam di atas. Mungkin Allah belum membukakan pintu rezekimu lebar-lebar karena kamu masih sulit bersyukur meski atas nikmat yang sedikit sekali pun. Bukankah harta sering kali menjadi penyebab manusia semakin lalai dari Allah?

5. Mengendalikan Hawa Nafsu
"Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan, maka kita akan menjadi penghuni neraka."Abu Hamid Al Ghazali
Rasa iri dan dengki termasuk salah satu jenis nafsu yang sangat umum dirasakan manusia. Melihat orang lain mendapat nikmat, mungkin kemudian dengan mudahnya manusia menyalahkan Allah yang tidak memberikan nikmat serupa. Parahnya lagi, rasa tidak bersyukur ini adakalanya diikuti dengan melakukan tindakan tidak terpuji seperti mencuri, korupsi, menipu, dan lain-lain.

Karena itulah Imam Al Ghazali, seorang ulama kenamaan dari Persia mengatakan bahwa hawa nafsu bahkan lebih besar dari gunung dan lautan. Jika mampu mengalahkannya, maka manusia akan mendapat kenikmatan abadi di akhirat. Namun jika tidak, manusia akan menjadi penghuni neraka yang apinya menyala-nyala.

Jadikan Kata-Kata Bijak Mutiara Islam sebagai Penyejuk Hati
Setelah membaca kata-kata bijak mutiara Islam di atas, manakah yang menurutmu paling cocok untuk kondisimu saat ini? Dengan membacanya, semoga beban yang saat ini sedang menggelayuti hatimu bisa sedikit berkurang.

Namun, jika masih saja ada rasa mengganjal yang tertinggal, mungkin berbagi cerita dengan teman sambil menyeruput secangkir kopi bisa menjernihkan pikiranmu. Setelah beban hati mereda, kamu bisa melanjutkan aktivitas seperti biasa atau mencari jalan keluar terbaik untuk masalah yang sedang kamu hadapi saat ini," semoga bermanfaat

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel