Inilah,10 Kebiasaan Yang Bisa Membahayakan Kesehatan

Kebiasaan sehari-hari sering kali dilakukan tanpa memikirkan dampaknya untuk kesehatan tubuh. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut justru malah memberi kesempatan kuman dan penyakit masuk ke dalam tubuh kita


Silahkan anda simak ulasan beberapa kebiasaan berikut ini, siapa tahu kamu sering melakukannya. Padahal kebiasaan ini sangat jorok dan bisa mengganggu kesehatan.

1. Mengigit kuku
Saat merasa stres atau panik, enggak jarang orang refleks menggigit kukunya. Kebiasaan ini sangat enggak, baik karena di dalam kuku ada banyak banget kuman dan bakteri yang bakal masuk lewat mulut saat kamu menggigit kuku.

2. Membersihkan telinga dengan cotton bud
Membersihkan telinga dengan cotton bud.
Banyak orang yang memakai cotton bud untuk membersihkan area dalam telinganya. Namun ternyata, cotton bud yang masuk ke dalam telinga justru mendorong kotoran semakin ke dalam.

Selain itu, cotton bud juga kerap jadi sumber masalah seperti kerusakan gendang telinga dan pendengaran. Lebih baik konsultasi rutin saja ke dokter untuk membersihkan telinga jika ada masalah, ya.

3. Malas cuci tangan setelah ke toilet
Ayo, siapa yang jarang cuci tangan setelah selesai memakai toilet? Sebaiknya, mulailah ubah kebiasaan tersebut karena bakteri dan kuman di area toilet bisa jadi sumber penyakit bagi tubuhmu.

4. Jarang ganti sikat gigi
Sikat gigi yang lembab setiap saat bisa jadi sarang bertumbuhnya bakteri. Paling enggak dalam waktu satu bulan saja.

Dokter gigi menyarankan agar sikat gigi diganti setiap 2 atau 3 bulan sekali karena bakterinya bisa sangat berbahaya, bahkan bisa menyebabkan masalah jantung.

5. Salah cara menyikat gigi
Enggak jarang orang asal-asalan saat menyikat gigi. Dan, berujung masih banyaknya sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dan area mulut.

Upayakanlah menyikat gigi dengan teknik yang tepat selama minimal 2 menit. Supaya mulut bersih secara maksimal, dan tidak jadi tempat bakteri berkumpul.

6. Jarang membersihkan sela gigi
Enggak peduli seberapa sering dan tepatnya cara kamu menggosok gigi, tanpa membersihkan sela gigi hasilnya akan sia-sia.

Cobalah menggunakan benang floss khusus untuk memastikan tidak ada sisa makanan menyelip di sela gigi. Karena kotoran yang tertinggal di sela gigi dapat berpotensi menjadi tempat bakteri dan membuat gigi membusuk.

7.Terlalu sering exfoliating wajah
Para perempuan pasti enggak asing dengan istilah exfoliating. Atau membersihkan wajah dengan scrub untuk mengangkat permukaan kulit wajah.

Namun ternyata, exfoliating yang terlampau sering hanya bakal membuat kulit wajahmu berjerawat dan berkeriput lho. Yang ideal, lakukanlah exfoliating setiap 2 kali seminggu.

8. Jarang membersihkan barang sehari-hari
Semakin sering kamu menggunakan suatu barang, semakin besar potensi barang tersebut menyimpan banyak kuman dan bakteri. Contohnya, gagang pintu, remote televisi, smartphone, dan sebagainya adalah barang yang perlu kamu bersihkan secara rutin.

9. Pasta gigi mengandung fluorida
Pasta gigi yang mengandung fluorida ternyata berbahaya untuk kesehatan gigi anak-anak. Karena dapat membuat gigi tumbuh enggak sempurna.

Selain itu, kandungan fluorida pada pasta gigi juga meningkatkan penyerapan zat alumunium ke dalam otak. Yang bisa berkontribusi pada munculnya penyakit Alzheimer di kemudian hari.

10. Salah sarung bantal
Eits, mungkin ini sepele tapi ternyata sarung bantal bisa berpengaruh ke kondisi kesehatan wajah dan rambutmu lho. Hindari menggunakan sarung bantal yang terbuat dari kain katun.

Karena bisa mengeringkan kulit wajah dan membuat kulit berkeriput, serta merusak kondisi rambut. Lebih baik pilih sarung bantal yang terbuat dari kain sutera yang lebih nyaman.

Nah itulah 10 kebiasan yang bisa membahayakan kesehatan, semoga apa yang telah draplan tuliskan di artikel kali ini bermanfaat bagi anda yang sudah membaca artikel ini.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel