Cara Agar Sukses Memulai Bisnis Online dari Nol

Draplan.com - Untuk pemula, memulai bisnis online dari nol adalah sesuatu yang sangat menantang. dikarenakan sekarang ini ada banyak sekali orang yang sudah lebih dulu eksis menjalankan bisnis di dunia internet. hal inilah yang membuat banyak pemula merasa ragu, apakah masih ada peluang untuk memulai bisnis online atau sebaliknya.

Dalam merintis bisnis online dapat kita tempuh dengan cara banyak membaca dan memahami bisnis apa yang akan kita lakukan, namun akan lebih baik lagi jika kita langsung bertanya pada sesorang yang telah ahli dalam bisnis online.

Jaman sekarang ini pebisnis online di Indonesia sudah semakin banyak dan jenisnya pun beragam, orang pun dapat memilih jenis bisnis yang akan dijalankan karena begitu banyak peluang usaha di internet sesuai dengan minat dan keahlian mereka masing-masing. Namun, sebelum membahas lebih dalam, kita perlu diketahui bahwa bisnis online memiliki banyak kelebihan dibandingkan bisnis offline.

Beberapa Kelebihan dalam Bisnis Online
Kita tidak perlu modal yang besar, sebagai contohnya berkeliling kampung menjual bakso saja dapat memerlukan modal yang jauh lebih besar daripada kita berbisnis di internet, sehingga tidak ada salahnya memulai bisnis online saat ini.

Kita tidak terikat dengan adanya jam kerja, misalnya pada beberapa jenis bisnis online, kita bisa melakukan dan mengerjakan kapan saja, bahkan ada yang hanya butuh 4-5 jam seminggu untuk mengerjakannya. Nah, keuntungan bisa mengalir masuk ke rekening kita kapanpun waktunya, bahkan saat kita sedang tidur.

Kita tidak terikat kepada tempat kerja, yang kita perlukan yaitu adanya koneksi internet. Meskipun kita mengerjakan di rumah kita sendiri, di kamar tidur, di ruang tamu, di teras rumah, di rumah teman dan bahkan di warnet juga bisa.

Kita tidak terikat oleh batas-batas geografis, maksudnya kita dapat menjual barang kita bukan  hanya di desa atau kota kita, seluruh dunia mungkin saja dapat menjadi pembeli kita.

Terdapat berbagai macam jenis usaha sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. misalnya dengan memasang Google Adsense, jasa pasang iklan, menjual berbagai barang dan jasa, afiliasi, bisnis pulsa, informasi lowongan kerja, dan masih banyak yang lainnya.

Kita tidak perlu repot dengan perintah atasan dan prosedur perusahaan, hal ini karena kita adalah pimpinan dan sekaligus pemilik usaha.

Nah, Berberapa kelebihan di atas dapat kalian rasakan pada saat kalian sudah sudah memiliki bisnis online yang stabil. Apabila kalian masih dalam tahap belajar, tentu saja kalian memerlukan waktu lebih lama dan kerja keras. Percayalah pada akhirnya, semua kerja keras dalam membangun bisnis online kalian akan sepadan dengan hasil yang kalian dapatkan.


Beberapa Cara Agar Sukses Memulai Bisnis Online dari Nol:

1. Memiliki pengetahuan yang memadai
Kalian di haruskan memiliki pengetahuan akan bisnis online yang kalian jalankan, sehingga hasil yang kalian peroleh akan berbanding lurus dengan peluang untuk bisa berhasil. Apabila kalian memulai bisnis online dari nol, maka pengetahuan awal yang harus kalian miliki yaitu tentang berbagai macam di internet, misalnya mulai dari media sosial.

Setelah itu, tentu kalian juga perlu pengetahuan lain yang berhubungan dengan bidang bisnis online yang akan kalian jalankan. Hal ini perlu kita lakukan dalah memulai bisnis online, seperti kalian perlu belajar tentang cara bisnis online dengan blog, cara membuat toko online, cara membuat akun di marketplace, cara promosi di media sosial, optimasi website, dan lain sebagainya.

Selanjutkan, kalian dapat belajar langsung dari orang yang sudah punya pengalaman dalam bisnis internet akan jauh lebih baik karena kalian dapat langsung fokus pada topik bisnis online yang akan kalian jalankan.

2. Memiliki sarana dan prasarana
Mungkin beberapa orang mengaggap bahwa memulai bisnis online dapat berjalan tanpa modal sama sekali, padahal ketika kita memulai bisnis online pasti kita membutuhkan hal berupa sarana dan prasarana.

Seprti kita ketahui, memulai bisnis online memang tidak membutukan modal yang besar, akan tetapi ada sarana dan prasarana yang wajib kita miliki dan ini akan menjadi pengeluaran bagi kita. Sarana dan prasarana tersebut antara lain: perangkat komputer, koneksi internet, perangkat mobile atau handphone. Kemungkinan kita juga akan membutuhkan perlengkapan lainnya, misalnya meja dan kursi kerja.

Nah, apabila saat ini situasi kita tidak memungkinkan untuk memiliki sarana pendukung tersebut, tidak ada salahnya hanya memanfaatkan handphone dan fasilitas wifi gratis yang ada di kampus atau tempat umum lainnya. Pada jaman dulu, bahkan banyak orang memulai bisnis online dari warung internet.

3. Fokus pada satu jenis bisnis online saja
Fokus adalah kunci kesuksesan dalam bisnis online. Maka dari itu, pelajari dan mulailah mempelajari model bisnis online yang kalian sukai dan sesuai dengan keahlian kalian. Saat ini, faktanya banyak pemula yang berganti-ganti model bisnis online.

Hal ini dikarenakan oleh bermacam-macam alasan, misalnya bisnis online A katanya kurang menguntungkan dan bisnis internet B katanya cepat menghasilkan uang dan berbagai alasan lainnya. Banyak pemula yang akhirnya tidak sadar bahwa proses berganti-ganti model bisnis online ini menghabiskan banyak waktu, dan akhirnya tidak ada satupun bisnis online yang berhasil dijalankan.

Apabila hal ini terjadi pada kalian atau malah sedang terjadi pada kalian, maka ingatlah bahwa semua pebisnis online yang sukses itu fokus pada satu model bisnis online saja. Nah, ketika satu model bisnis sudah berhasil, barulah mencoba model bisnis lain sebagai investasi jangka panjang Anda.

4. Belajar untuk disiplin
Kunci kesuksesan lain dalam memulai bisnis online, yaitu disiplin. Banyak pemula suka menunda-nunda pekerjaan dan tidak bekerja secara maksimal dalam berbisnis online, padahal kita perlu disiplin sejak memulai bisnis online supaya berhasil.

Dalam berbisnis online, kita dapat kerjakan dari rumah, hal ini bukanlah alasan bagi kita untuk bermalas-malasan, malah kebanyakan para pebisnis online yang bekerja dari rumah, akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk bekerja supaya bisnisnya dapat berhasil.

5. Membangun reputasi di internet
Sebagai pemula, kita dapat memulai bisnis dengan membangun reputasi supaya dapat bertahan dan langgeng, begitu pula dengan bisnis di internet. Bisnis online yang memiliki reputasi baik dapat bertahan dan dipercaya oleh konsumen, sehingga dapat meningkatkan pendapatan.

Jangan hanya karena ingin mendapat uang besar dalam waktu cepat lalu kemudian kalian mengecewakan konsumen, misalnya barang yang datang tidak sesuai dengan pesanan. Hal ini jangan sampai kalian lakukan karena memiliki akibat yang buruk pada penjualan bisnis online kalian, kecuali kalian tidak ingin memiliki usaha online yang dapat bertahan lama.

Demikianlah Beberapa cara diatas merupakan cara agar sukses memulai bisnis online dari nol sebagai jalan untuk investasi masa depan Anda. Beberapa orang mengatakan “pengalaman merupakan guru terbaik”.

Dengan demikian, kalian dapat belajar bisnis online dari pengalaman orang lain dan juga dari pengalaman sendiri. Belajarlah terus dari mereka untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Sekian dan terimakasih artikel dari draolan , Semoga bermanfaat...

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Cara Agar Sukses Memulai Bisnis Online dari Nol"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel