Inilah, 10 Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk dari Rumah Anda

Draplan.com - Di musim pancaroba yang tidak menentu seperti sekarang ini, pada umumnya rumah makin rentan serbuan nyamuk. Selain dapat mengganggu kenyamanan saat tidur, nyamuk juga dapat membawa aneka penyakit, seperti demam berdarah, chikungunya, dan malaria.

Nyamuk adalah salah satu hewan yang dapat memicu timbulnya banyak penyakit, seperti demam berdarah, malaria, kaki gajah, dan lain-lain. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir nyamuk, misalnya dengan cara menggunakan lotion anti nyamuk, fogging, atau obat nyamuk bakar.

Akan tetapi, mengusir nyamuk dengan obat anti-nyamuk berbahan kimia sangat riskan, terutama bagi mereka yang memiliki anak kecil di rumah .

Namun anda jangan hawatir, karena ada cara yang aman dan tentunya lebih alami, Caranya dengan menanam tanaman hias pengusir nyamuk di rumah. Selain cantik untuk dijadikan dekorasi rumah, tanaman hias ternyata punya lebih banyak manfaat, salah satunya sebagai pengusir nyamuk.

Lalu tanaman apa saja yang bisa ampuh untuk menghilangkan nyamuk? Yuk, simak artikelnya!

10 Tanaman yang dapat mengusir Nyamuk



Jika Anda berniat memelihara tanaman pengusir nyamuk, Anda wajib mengetahui 10 tanaman berikut ini sebagai referensi.

1. Rosemary
Rosemary dikenal sebagai tumbuhan rempah untuk kepentingan bumbu masak. Tumbuhan ini pun tahan menjadi kering. Aromanya mirip seperti aroma kayu putih.

Karena aroma tersebut, Rosemary sangat ampuh untuk mengusir nyamuk. Aroma tersebut mampu mengacaukan penciuman nyamuk. Otomatis, nyamuk akan langsung menghindarinya.

Anda dapat menyimpan tanaman ini di dalam maupun di luar ruangan. Tapi, jangan lupa untuk selalu merawatnya, walaupun Anda menyimpannya di dalam ruangan, ya.

2. Tapak Dara
Tapak dara merupakan sejenis bunga yang memiliki banyak khasiat. Selain nyamuk, bunga ini pun bisa mengusir lalat ataupun semut.

Pasalnya, mahkota bunga dari tapak dara ini mengandung senyawa geraniol dan rhodinol yang juga ada pada sereh dan minyak atsiri mawar.

3. Kenikir
Seperti halnya tapak dara, tumbuhan kenikir pun memiliki kandungan zat yang bisa mengusir nyamuk. Zat pyrethrum yang terkandung pada bunga dan daunnya sangat ampuh dalam membasmi nyamuk yang berkeliaran di sekitar rumah Anda.

Tumbuhan ini pun bisa dijadikan pagar di halaman rumah Anda. Ditanam di dalam pot pun bisa mempercantik rumah Anda.

4. Citrosa Mosquito
Kegunaan tanaman ini bisa diterka dari namanya sebagai pengusir nyamuk. Citrosa Mosquito. Jenis bunga ini memiliki zat citronella yang mudah memenuhi udara di sekitarnya.

Zat ini sangat tidak disukai nyamuk, sehingga nyamuk akan pergi. Tanaman ini bisa ditempatkan di dalam ruangan juga, lho! Misalnya saja, di dekat jendela.

Dengan begitu, hembusan angin dari luar akan membuat zat citronella tersebut terbang ke arah dalam rumah. Hal ini bisa mengusir nyamuk-nyamuk yang ada di dalam rumah.

5. Sereh Wangi (Serai)
Serai biasanya dikenal sebagai bumbu dapur atau pengharum makanan. Namun, ternyata serai memiliki khasiat lain yang sangat ampuh. Selain harganya yang murah, serai mudah ditemukan di swalayan atau pasar tradisional terdekat.

Serai mengandung minyak atsiri. Minyak tersebut bisa diperoleh dengan menyuling bagian atas tumbuhan ini. Namun, Anda bisa memanfaatkan serai sebagai pengusir nyamuk, baik berupa minyak atau berupa tanaman.

6. Kecombrang
Masyarakat Indonesia menyebut tanaman ini dengan berbagai nama. Ada yang menyebutnya kecombrang, ada pula yang menyebutnya kantan atau honje.

Tanaman ini sejenis tumbuhan rempah. Karena itu, sering dijadikan sebagai sayuran. Pasalnya, bunga, buah, dan bijinya bisa dimanfaatkan sebagai penganan.

Aroma bunga kecombrang agak asam, sehingga tidak disukai nyamuk. Hal ini membuat kecombrang bisa jadi pilihan tepat untuk mengusir nyamuk di tempat tinggal Anda.

7. Jeruk Nipis
Ternyata tumbuhan yang juga sering ditemukan ini. Selain manfaatnya dalam memberikan asupan Vitamin C pada tubuh kita, jeruk nipis juga bisa menjadi sarana untuk mengusir nyamuk.

Caranya mudah sekali.
Tempatkan potongan jeruk nipis dan cengkeh pada piring kecil. Lalu, tempatkanlah di sekitar halaman atau di dalam rumah Anda. Wanginya yang asam sangat tidak disukai nyamuk.

8. Mint
Daun mint memiliki banyak khasiat. Selain bisa mendetoksifikasi tubuh, daun mint juga bisa mencegah malaria.

Aroma menthol yang kuat mengandung zat nepetalactone yang bisa menghalau nyamuk dari tempat tinggal Anda. Simpanlah di sudut-sudut rumah atau beberapa tempat yang sekiranya banyak nyamuk bersarang.

9. Basil
Basil memiliki kandungan zat yang sangat kuat. Terdiri dari eugenol, linalool, dan geraniol. Ketiga jenis zat tersebut cenderung tidak sedap.

Inilah yang menjadi kelebihan basil dalam mengusir nyamuk. Jelas sekali bahwa nyamuk tidak menyukai zat-zat tersebut.

10. Zodia
Tanaman ini merupakan tanaman asli Papua. Daunnya yang berbentuk memanjang. Ditambah lagi, kandungan zat pada daunnya pun memiliki khasiat untuk mengusir nyamuk.

Zat aktif rutaecarpin dan evodiamine akan keluar ketika daun-daun tersebut saling bergesekan. Bisa karena angin ataupun sengaja dibuat oleh kita supaya bergesekan. Aroma yang dihasilkannya sangat dibenci oleh nyamuk, bahkan beberapa serangga pun tidak menyukai aromanya.

Memelihara tanaman pengusir nyamuk yang cocok memang membutuhkan ketelitian karena jenisnya yang beragam. Anda juga harus memikirkan faktor perawatan dan ukuran tanamannya, begitu Anda menemukan tanaman yang cocok, rumah Anda pastinya akan menjadi lebih nyaman karena bebas nyamuk.

Jadi, apakah Anda sudah memelihara tanaman yang cocok untuk diletakkan atau ditanam di rumah? Kami harap salah satu dari tanaman yang draplan rekomendasikan diatas menjadi kandidatnya. Semoga dengan membaca artikel ini Anda dapat terbantu dalam mengusir nyamuk-nyamuk pengganggu yang membawa penyakit. Sekian da terimakasih telah berkunjung di blog draplan.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

0 Response to "Inilah, 10 Tanaman Yang Dapat Mengusir Nyamuk dari Rumah Anda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel