6 Pilihan Bunga Yang Dapat Dijadikan Peluang Usaha Bisnis Anda

Seiring berkembangnya jaman, begitu banyak jenis bisnis yang bermunculan dengan model yang bermacam-macam pula. Ada beberapa bisnis yang dapat bertahan lama, namun ada juga beberapa bisnis yang tidak dapat bertahan lama karena tidak memiliki prospek yang bagus, biasanya itu hanya sekedar bisnis musiman.

Seperti bisnis yang satu ini, bisnis tanaman hias. Memulai bisnis tanaman hias dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan karena bisnis ini masih sangat potensial untuk masa mendatang, Peminatnya pun terus bertambah dari waktu ke waktu.

apalagi bagi anda yang tinggal di sebuah pedesaan karena selain memiliki tempat yang masih alami tentunya di pedesaan memiliki halaman yang masih luas dan pastinya sangat cocok untuk menjalankan bisnis ini.

Biasanya, konsumen tanaman hias ini adalah mereka yang ingin agar rumah mereka terlihat lebih cantik dan menarik. Sehingga mereka menghias halaman rumah ataupun interior rumah dengan tanaman hias.

Tak hanya rumah, tanaman hias ini juga kadang dipakai untuk gedung kantor atau taman. Tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba bisnis yang memiliki prospek yang sangat bagus untuk jangka ke depan. Bisnis ini bisa jadi lebih mudah untuk dilakukan jika Anda juga memiliki hobi yang sama, yaitu bercocok tanam atau merawat tanaman.

Namun perlu anda ketahi, jika Anda tidak memiliki pengetahuan dasar tentang tanaman hias dan ingin memulai bisnis ini, sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu melalui internet atau orang terdekat yang sudah berpengalaman dalam bisnis tanaman hias ini.


Kemudian setelah Anda mengetahui metode dasar dalam menjalankan bisnis ini, cari tahu juga tanaman hias apa saja yang paling laku dan memberikan keuntungan lebih besar dalam bisnis ini. Berikut ada 6 tanaman hias sebagai peluang usaha anda yang paling menguntungkan:

1. Bunga Mawar
Bunga yang satu ini menjadi tanaman hias yang paling populer diantara yang lainnya dan tentunya bunga mawar menjadi yang paling menguntungkan. Anda bisa menjual bibit bunga mawarnya saja untuk ditanam sendiri oleh para konsumen.

Selain itu, Anda juga bisa menjual bunga mawar dalam pot. Dan yang paling banyak dicari oleh konsumen adalah bunga potong mawar. Biasanya ini dijadikan bucket bunga sebagai hadiah ulang tahun, wisuda, untuk pernikahan dan lain sebagainya.

Hanya dari bisnis bunga mawar potong ini andabisa meraup sekitar Rp. 20 juta dalam sebulan. Tentunya hal ini dapat menjadi peluang usaha desa yang tidak tanggung-tanggung karena bisnis tanaman hias bunga mawar dapat mencapai untung puluhan juta per bulannya.

2. Bunga Anggrek
Bunga anggrek menjadi saingan bunga mawar sebagai tanaman hias favorit masyarakat. Karena memiliki banyak penggemar inilah bunga anggrek menjadi salah satu bisnis tanaman hias yang menguntungkan.

Seperti bunga mawar, Anda bisa menjual bibit bunga anggrek dan juga menjual bunga anggrek yang sudah dewasa. Meskipun memiliki banyak penggemar, potensi penjualan bunga anggrek tidak sebesar bunga mawar karena bunga anggrek tidak bisa dijual sebagai bunga potong.

3. Bunga Matahari
Selain bunga anggrek dan bunga mawar, bunga dengan warna cerah ini juga menjadi favorit masyarakat. Bunga matahari memikat hati pecinta bunga karena perawatannya yang mudah. Untuk potensi bisnisnya memang masih kalah dibanding bunga anggrek dan bunga mawar.

4. Bunga Melati
Bunga melati memiliki keindahan dan bentuk yang elegan menjadi daya tarik tersendiri bagi bunga matahari untuk memikat hati pecinta bunga. Bunga melati memiliki potensi bisnis sebesar bunga mawar karena bunga melati bisa dijual sebagai bibit, sebagai tanaman hias, dan juga sebagai bunga potong. Bunga melati sebagai bunga potong biasanya untuk keperluan acara atau bunga tabur.

5. Bunga Kamboja
Bunga yang satu in cukup aneh, karena bunga ini dikeramatkan orang-orang dan menjadi lambang kematian karena bunga ini sering ditemukan di pemakaman-pemakaman umum. Padahal sebenarnya bunga kamboja memiliki potensi bisnis yang cukup besar. Bunga ini dapat dijual bibitnya, sebagai pohon bunga kamboja, hingga kamboja bonsai.

6. Pohon Bonsai
Pohon bonsai memiliki harga yang sedikit mahal dan pelanggannya merupakan orang-orang dari kalangan ekonomi menengah keatas. Selain itu, tanaman hias bonsai bisa dibuat dari berbagai macam tanaman. Potensi dari bisnis ini juga sangat besar. Bisa menghasilkan ratusan juta hingga miliaran rupiah dari penjualan tanaman ini.

Demikian ulasan di atas 6 pilihan bunga yang dapat anda jadikan peluang usaha. Semoga artikel yang draplan bagikan ini menjadi inspirasi bagi anda dalam berbisnis.

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel