Tips Agar Sukses Mengelola Bisnis Retail

Ada beberapa hal yang bisa dipraktekkan agar sukses dalam mengelola bisnis retail, di antaranya adalah memilih lokasi yang pas, menyeleksi barang yang hendak anda jual, memilih konsep untuk toko yang anda tempati, serta memiliki karyawan yang kompeten.

Di negara indonesia sendiri hususnya yang namanya Bisnis retail mungkin menjadi salah satu jenis bisnis yang cukup banyak dipraktekkan. Meski terlihat mudah, pada kenyataannya banyak pemilik bisnis retail mengalami kesulitan mengelola usaha miliknya tersebut. Jika salah dalam mengelola, Anda justru berisiko mengalami kerugian atau bahkan bangkrut.

Untuk itu dalam artikel kali ini draplan akan bahas mengenai beberapa strategi yang dapat Anda terapkan di dalam mengelola bisnis retail yang baik untuk meningkatkan keuntungan serta dapat melanjutkannya hingga jangka panjang. Silahkan anda simak berikut ulasannya dibawah ini:


• Pilih lokasi yang strategis
Langkah yang paling penting agar dapat sukses mengelola bisnis retail adalah memilih lokasi toko. Rasanya sia-sia jika Anda sudah memiliki karyawan yang kompeten dan barang berkualitas namun tidak memiliki pelanggan.

Sebaiknya Anda sudah melakukan riset terlebih dahulu mengenai lokasi yang memiliki traffic pelanggan yang tinggi. Lokasi yang strategis ini nantinya juga akan memudahkan Anda mencapai target pasar yang diinginkan.

• Menyeleksi barang yang hendak dijual
Memilih barang untuk dijual di toko Anda dapat menjadi bagian yang paling menyita waktu sekaligus mahal saat Anda hendak memulai bisnis. Meski terdengar sepele, tentunya Anda tak boleh menganggap remeh hal ini.

Sebelum memulai, Alangkah baiknya anda mendatangi beberapa toko lain dan mencari ide dari toko tersebut. Dari sana, Anda dapat menentukan kira-kira barang apa yang Anda bisa jual di toko Anda nanti. Perhatikan juga kira-kira barang apa yang cocok dijual di lokasi yang Anda pilih.

Memilih barang-barang yang akan dijual memang terdengar menyenangkan, namun dalam mengelola bisnis retail, perlu juga untuk meminta saran dan berdiskusi dengan sesama pemilik bisnis retail perihal produk apa yang laku dijual dan apa yang tidak laku.

Anda dapat berdiskusi dan saran mengenai hal tersebut dengan pemilik atau dengan para sales di beberapa toko. Hal ini dapat membantu Anda saat menentukan produk mana yang ingin Anda jual dan berpotensi untuk laku di kalangan pelanggan.

• Tetapkan satu konsep atau tema tertentu untuk toko Anda
Mungkin anda dapat bayangkan ketika pertama kali melihat sebuah toko bernama Kidz Station? Tentu Anda langsung terpikir bahwa toko tersebut adalah toko khusus anak kecil.

Untuk itu mengelola bisnis retail, memiliki sebuah tema memang sangat dibutuhkan. Dengan menggunakan satu tema tertentu, seperti dalam pemilihan nama, tagline, hingga dekorasi, pelanggan Anda akan memiliki gambaran kira-kira apa yang mereka dapat ketika memasuki toko Anda.


• Update mengenai tren dan mendengarkan opini pelanggan Anda
Salah satu ketakutan terbesar dari pemilik bisnis retail adalah tren yang selalu berubah. Untuk itu, Anda harus tetap up to date dengan tren yang sedang ramai. Selain itu, Anda juga harus mengerti pasar yang Anda tuju. Apakah barang yang Anda jual akan laku dan cocok dengan konsep yang Anda miliki? Jangan sampai Anda menjualnya hanya karena barang tersebut sedang tren.

Untuk itu, cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mendengarkan pelanggan Anda. Jangan sungkan untuk bertanya pada mereka mengenai apa yang mereka mau dan anggap lah itu sebagai masukan untuk bisnis retail yang Anda jalani.

• Miliki karyawan yang antusias dengan bisnis Anda
Dalam mengelola bisnis retail, tak bisa dipungkiri jika Anda harus memiliki karyawan yang siap melayani pelanggan Anda di toko. Untuk itu, penting untuk memiliki karyawan yang antusias dengan jenis bisnis yang Anda jalani.

Sederhananya seperti ini, seseorang akan merasa lebih nyaman dan bersemangat jika ia bekerja berdasarkan apa yang mereka sukai. Saat Anda mencari seorang karyawan, tanya mereka mengenai hobi dan hal-hal yang membuat mereka tertarik.

• Waspada terhadap suatu kehilangan
Saat Anda mengelola bisnis retail dan sudah memiliki karyawan, risiko terhadap kehilangan dan pencurian pasti akan ada. Untuk mengetahui seberapa besar kehilangan, Anda perlu melakukan inventarisasi aset. Agar dapat dilakukan dengan mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir untuk melacak setiap inventaris yang Anda miliki.

Beberapa aplikasi kasir seperti Moka bahkan bisa mencatat inventaris Anda secara real time. Jangan lupa untuk memasang CCTV di setiap sudut ruangan agar Anda bisa mengawasi gerak-gerik yang mencurigakan.

• Mencatat transaksi penjualan
Setiap orang pasti ingin bisnis yang dimilikinya bisa sukses dan berkembang. Ketika hal itu sudah terjadi, bisa dikatakan transaksi penjualan yang terjadi juga semakin banyak.

Anda tentu tidak ingin jika hasil transaksi penjualan yang didapat tidak sesuai dengan stok barang di gudang Anda. Untuk membuat transaksi penjualan Anda jadi lebih efisien, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir yang dapat mencatat transaksi secara otomatis.

Demikianlah ulasan diatas tips sukses mengelola bisnis retail yang bisa Anda praktikkan. Semoga bisnis yang Anda miliki tidak hanya menjadi lebih baik, tetapi juga dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama karena dengan begitu anda tentu akan tetap semangat dalam menjalankan bisnis tersebut. Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat!

Hendra Hermawan Hidup ini bukan hanya untuk mencari yang terbaik namun lebih kepada menerima kenyataan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel